Minggu, 30 Mei 2021 22:01

4 Alasan yang Bikin Orang Takut Tinggalkan Salat Berjemaah di Masjid

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Salat berjemaah salah satu syiar Islam yang sangat agung. Sangat rugi orang Islam yang sengaja meninggalkannya hanya gara-gara urusan duniawi.

RAKYATKU.COM -- Keutamaan salat berjemaah di masjid tak diragukan lagi. Setidaknya empat alasan yang membuat umat Islam takut meninggalkannya. Apa itu?

Keempat alasan ini diungkap Ustaz Lukmanul Hakim Sudahnan, Lc, MA. Mahasiswa S3 Prodi Tafsir dan Hadis King Saud University, Arab Saudi.

Ustaz Lukmanul Hakim menyebut, salat berjemaah salah satu syiar Islam yang sangat agung. Cukup banyak dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunah yang memerintahkannya.

Bahkan ada hadis yang mengancam orang yang meninggalkannya.

"Demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, aku telah berkeinginan untuk memerintahkan mengumpulkan kayu bakar, lalu dikumpulkan, kemudian aku memerintahkan azan salat untuk dikumandangkan. Lalu aku meminta seseorang untuk mengimami orang-orang salat berjemaah, kemudian aku mendatangi orang-orang yang tidak ikut salat berjemaah lalu aku membakar rumah mereka.” (HR Bukhari Nomor 644 dan Muslim Nomor 651).

Selain ancaman itu, ada empat keutamaan salat berjemaah yang sayang untuk diabaikan, berikut ini:

1. Nilainya 27 derajat dibandingkan salat sendirian
2. Mendapat naungan para hari kiamat
3. Menghapus dosa-dosa kecil
4. Disiapkan tempat dan hidangan di surga.

Betapa ruginya seorang muslim jika meninggalkan salat berjemaah. Penjelasan lengkap keempat keutamaan salat berjemaah tersebut dapat dibaca pada tautan berikut ini.

4 Alasan yang Bikin Orang Takut Tinggalkan Salat Berjemaah di Masjid

#keutamaan shalat berjamaah #dalil shalat berjamaah