Sabtu, 29 Mei 2021 17:36

Prabowo-Puan Versus Anies-Ganjar di Pilpres 2024? Ini Analisa M Qodari

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prabowo Subianto menyapa pendukungnya pada Pilpres 2019.
Prabowo Subianto menyapa pendukungnya pada Pilpres 2019.

Dua pasangan yang diprediksi bertarung pada Pilpres 2024 adalah Prabowo Subianto-Puan Maharani melawan Anies Baswedan-Ganjar Pranowo.

RAKYATKU.COM -- PDIP menginginkan hanya dua pasangan pada Pilpres 2024. Mereka kemungkinan mengusung pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Lalu, siapa lawannya? Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyebut Anies Baswedan paling potensial. Elektabilitas yang tinggi dari beberapa survei jadi dasarnya.

Selama ini survei elektabilitas kandidat capres selalu menempatkan Anies Baswedan di posisi ketiga. Di bawah Jokowi dan Prabowo.

Baca Juga : Pengamat: Pasangan Prabowo-Gibran Rawan Tersandera Kelompok Oligarki

Qodari memprediksi Partai Golkar dan NasDem tidak lagi bergabung dengan PDIP pada Pilpres 2024. Otomatis, mereka harus mencari figur potensial untuk mengalahkan Prabowo-Puan.

Anies memiliki basis massa yang telah terdefinisi dengan jelas yakni kelompok Islam.

Qodari memprediksi, bila Anies maju sebagai calon presiden, calon wakil presiden yang akan digandeng bukan dari kalangan ketua umum partai.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

Sebab, ketua umum partai akan saling berebut satu dengan yang lainnya. Lalu, siapa pasangan ideal? Qodari belum menyebut nama.

Namun, dari berbagai indikator yang bisa dilihat publik, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki peluang tersendiri.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa Ganjar Pranowo cocok mendampingi Anies Baswedan. Pertama, elektabilitasnya selalu di posisi keempat di bawah Anies Baswedan.

Baca Juga : Strategi Ganjar-Mahfud Cegah "akal-akalan" di TPS

Kedua, pergerakan Ganjar mulai ditutup PDIP. Terbukti saat dia tidak diundang dalam acara yang dihadiri Puan Maharani. Ganjar dianggap curi start menuju pilpres. Posisi sebagai orang yang "teraniaya" itu terbukti menjadi kunci sukses dalam kontestasi politik.

SBY dan JK salah satu contohnya. Keduanya dicitrakan sebagai orang dizalimi di kabinet Megawati Soekarnoputri. Akhirnya, saat pilpres, keduanya sukses menumbangkan Megawati.

Faktor ketiga, Ganjar berasal dari Jawa Tengah yang notabene memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia. Siapa pun yang unggul mutlak di Jawa Tengah dan Jawa Timur, berpeluang menang pilpres 2024.

Baca Juga : Pengamat: Ahok Potensial Gerus Pemilih Prabowo-Gibran

Jawa Tengah ini pula yang menjadi kunci sukses Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019. Walaupun Prabowo-Sandi menang di banyak provinsi, Jokowi-Ma'ruf menguasai Jawa Tengah.

 

#Pilpres 2024