Sabtu, 29 Mei 2021 12:48

KM Karya Indah Terbakar di Perairan Sula Maluku, Penumpang Panik Terjun ke Laut

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tangkapan layar video.
Foto: Tangkapan layar video.

Kebakaran KM Karya Indah terjadi pada pukul 07.00 WIT. Penumpang panik dan berupaya menyelamatkan diri dengan terjun ke laut.

RAKYATKU.COM, TERNATE - KM Karya Indah yang mengangkut 181 penumpang dengan rute Pelabuhan Ahmad Yani Ternate tujuan Pelabuhan Sannaa, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku, terbakar.

Kebakaran kapal terjadi pada pukul 07.00 WIT, tepatnya 5 mil dari arah timur laut Pulau Lifmatola, Sabtu (29/5/2021).

Kapal KM Karya Indah diketahui mengangkut penumpang terdiri atas orang dewasa dan Anak-anak. Berdasarkan rekaman video amatir yang sudah tersebar luas, terlihat para penumpang panik dan berupaya menggunakan baju pelampung.

Baca Juga : KM Karya Indah Terbakar, Muhammad Fauzi Minta Kemenhub Investigasi Penuh

Salah satu penumpang, Muhammad Ali Sadad Jainahu, mengatakan bahwa api bermula dari kamar mesin kapal. Api dengan cepat merembet ke badan kapal sehingga para penumpang panik dan berupaya menyelamatkan diri dengan terjun ke laut.

“Jadi peristiwa yang terjadi itu api dari mesin kapal, kami panik karena api dari belakag kapal dari kamar mesin semakin membesar. Kita semua lari ke anjungan kapal, kemudian ABK memberikan pelampung kepada semua penumpang. Kami terapung di atas laut kurang lebih selama 2 jam baru ada pertolongan, alhamdulillah kami selamat semua,” ucap Muhammad Ali Sadad dikutip dari MNC Media.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, mengungkapkan usai menerima informasi, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan menggunakan RIB 01.

Baca Juga : KM Karya Indah Terbakar, Muhammad Fauzi Minta Kemenhub Investigasi Penuh

"Petugas kemudian melakukan evakuasi para penumpang sehingga semuanya dalam kondisi selamat,” kata Araffa.

#KM Karya Indah #kapal terbakar