Sabtu, 22 Mei 2021 16:06

Silaturahmi dengan PT Mitra Hijau Asia, Warga Garongkong Barru Minta Libatkan Tenaga Kerja Lokal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Mitra Hijau Asia (MHA) bersilaturahmi dengan warga Garongkong, Kecamatan Barru, Sabtu (22/5/2021).
PT Mitra Hijau Asia (MHA) bersilaturahmi dengan warga Garongkong, Kecamatan Barru, Sabtu (22/5/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barru, Taufik Mustafa, yang turut hadir dalam kesempatan itu kembali menjelaskan kepada warga soal kehadiran pabrik limbah B3 ini.

RAKYATKU.COM, BARRU - PT Mitra Hijau Asia (MHA) bersilaturahmi dengan warga Garongkong, Kecamatan Barru, pascalebaran Idulfitri. Tujuannya untuk mendengar aspirasi warga terhadap proses pembangunan pabrik limbah B3.

PT Mitra Hijau Asia merupakan pengelola pabrik limbah B3 pertama di kawasan Indonesia bagian timur. Lokasi pabrik ini berada di kawasan industri kimia dasar Garongkong, Kelurahan Mangempang. Tidak jauh dari area pelabuhan.

Dalam silaturahmi tersebut, salah satu aspirasi warga yang menonjol, yakni warga berharap PT Mitra Hijau Asia dapat menyerap tenaga kerja lokal. Baik pada masa proses pembangunan maupun saat pabrik limbah B3 beroperasi kelak.

Baca Juga : PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barru, Taufik Mustafa, yang turut hadir dalam kesempatan itu kembali menjelaskan kepada warga soal kehadiran pabrik limbah B3 ini.

Menurut Taufik, kehadiran pabrik pengolah limbah B3 ini sangat baik. Fungsinya mengurangi pencemaran lingkungan.

"Teknologi yang digunakan PT Mitra Hijau Asia ini dalam mengolah limbah B3 sudah modern dan canggih. Serta yang paling penting ramah terhadap lingkungan. Izin amdalnya juga sudah ada dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pihak kementerian menjamin, pabrik ini aman," kata Taufik Mustafa, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga : Sanggar Seni Colliq Pujie Barru Terima Bantuan Uang Dari Kemensos

Lebih lanjut, mantan Camat Barru ini berharap dukungan warga agar pembangunan pabrik ini berjalan sesuai dengan mestinya. Pemerintah berencana melakukan relokasi rumah warga yang berada sangat dekat dengan kawasan industri Garongkong. Itu sesuai dengan aturan.

"Sesuai aturan, kita harus pindahkan rumah warga jauh dari kawasan industri. Makanya sementara ini carikan lahan dan rumah yang lebih layak sebagai pengganti," tutup Taufik.

Pihak PT Mitra Hijau Asia mengucapkan terima kasih kepada warga Garongkong. Mereka dengan terbuka apabila ada warga yang ingin menyampaikan aspirasi maupun sarannya.

Baca Juga : Rumah Terbakar, Warga Mengaku Sempat Lihat Petir

"Kehadiran pabrik limbah B3 ini adalah sebagai pengelola limbah, bukan penghasil limbah. Oleh karena itu, kami berharap warga tidak mudah percaya dengan kabar simpang siur soal apa pun. Mari kita duduk bersama apabila ada saran ataupun aspirasi yang ingin disampaikan," demikian kata salah seorang perwakilan PT Mitra Hijau Asia.

Penulis : Achmad Afandy
#PT Mitra Hijau Asia #Limbah B3 #barru