Minggu, 16 Mei 2021 07:01

AGH Sanusi Baco Masih Sempat Tertawa-tawa Bersama Kakanwil Kemenag Sulsel pada Malam Jumat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
AGH Sanusi Baco Masih Sempat Tertawa-tawa Bersama Kakanwil Kemenag Sulsel pada Malam Jumat

"Pada malam Jumat, beliau sempat bersenda gurau dengan saya dalam waktu yang relatif lama."

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan H Khaeroni ikut melayat AGH Sanusi Baco, Sabtu malam (15/5/2021).

Khaeroni menyampaikan bahwa Sanusi Baco merupakan salah satu tokoh kharismatik di Sulawesi Selatan.

"Beliau merupakan suri teladan bukan hanya bagi warga NU, juga masyarakat Sulawesi Selatan dan Indonesia. Kedalaman khazanah ilmu keagamaannya tidak menjadikan almarhum jemawa," kata Khaeroni.

Baca Juga : Debarkasi Makassar Tutup Operasional Layanan Jemaah Haji setelah Pemulangan Kloter 43

Khaeroni menambahkan, selama puluhan tahun, AGH Sanusi Baco terus melayani umat. Kadang dalam kondisi kurang sehat, namun tetap melayani umat tanpa mengenal lelah.

Kesejukan nasihat-nasihat yang disampaikan kepada jemaah membuat beliau selalu dicintai umat Islam.

Ketika media massa terutama media sosial dipenuhi hiruk pikuk pro kontra, AGH Sanusi Baco telah memerankan moderasi beragama yang sesungguhnya.

Baca Juga : Kloter 20 Tutup Gelombang I Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Makassar

"Saya menyaksikan sendiri, almarhum figur yang disegani dan menjadi rujukan berakhlakul karimah seluruh masyarakat Sulawesi Selatan," tutur Khaeroni.

Khaeroni pun mengenang sosok AGH Sanusi Baco yang menurutnya sebagai tokoh yang bersahaja dan ia pun berharap bisa meneladani sosok ketua umum MUI Sulsel itu.

"Dua hari sebelum wafat tepatnya di malam Jumat, 13 Mei 2021, beliau sempat bersenda gurau dengan saya dalam waktu yang relatif lama. Rasanya tak percaya, tokoh bersahaja yang menjadi jangkar kedamaian Bumi Angin Mamiri, terlalu cepat meninggalkan umatnya. Almarhum menghadap Allah SWT dengan penuh kebahagiaan. Semoga saya dan juga umat Islam lainnya bisa meneladani beliau," kenang Khaeroni.

Baca Juga : 392 Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Makassar Tiba di Tanah Air

Kakanwil juga mengajak seluruh warga Kemenag dan umat beragama di Sulsel untuk melangitkan doa kepada almarhum Anregurutta Sanusi Baco.

Penulis : Usman Pala
#AGH Sanusi Baco #kanwil kemenag sulsel