Jumat, 14 Mei 2021 16:03

Nias Diguncang Dua Kali Gempa M 7.2 dan 5.2 pada Skala MMI III-IV, Begini Penjelasannya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nias Diguncang Dua Kali Gempa M 7.2 dan 5.2 pada Skala MMI III-IV, Begini Penjelasannya

BMKG melansir guncangan gempa itu terasa dengan skala MMI III-IV di seluruh wilayah Pulau Nias.

RAKYATKU.COM -- Ujian kembali datang, Jumat (14/5/2021). Sehari pasca Idulfitri. Gempa bumi dahsyat mengguncang Nias, Sumatera Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 13.33 WIB dengan koordinat 0.10 LU-96.53 BT. Berada 141 km Barat Daya Kabupaten Nias Barat.

Gempa terjadi pada kedalaman 19 kilometer di bawah permukaan bumi. Gempa itu berkekuatan magnitudo 7,2. Guncangannya terasa hingga Banda Aceh dan Aceh Tengah. Juga terasa di Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat.

Baca Juga : 300 Rumah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 6,1 di Jatim

BMKG melansir guncangan gempa itu terasa dengan skala MMI III-IV di seluruh wilayah Pulau Nias. BMKG melansir tak ada potensi tsunami atas gempa yang terjadi.

Skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, dengan rentang paling lemah (I)-paling kuat (XII).

 

Adapun skala MMI II kondisinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala MMI III kondisi di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga : Ngeri, Ini Rekaman Video Dahsyatnya Guncangan Gempa di Miyagi Jepang

Lalu, skala MM IIV kondisinya pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Setelah gempa pertama, muncul gempa susulan yang mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, dengan magnitudo 5,2. Gempa ini terjadi tak lama setelah gempa pertama.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa susulan magnitudo 5,2 terjadi pukul 14.16 WIB. Gempa ini berlokasi di 0.21 LU, 96.58 BT atau 129 km Barat Daya Nias Barat, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga : Gempa M 7,7 di Pasifik Selatan, Tiga Wilayah di Australia Dilanda Tsunami Kecil

 

#Gempa #Gempa Nias