Rabu, 12 Mei 2021 23:59

Salat Id Bersama Keluarga Inti di Rumah, Menteri Agama Bocorkan Materi Khotbahnya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salat Id Bersama Keluarga Inti di Rumah, Menteri Agama Bocorkan Materi Khotbahnya

Menag mengaku akan menyampaikan pesan tentang hikmah Idulfitri dalam masa berjuang melawan pandemi.

RAKYATKU.COM -- Tiga petinggi di negeri ini memilih salat Idulfitri di kediaman masing-masing. Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, dan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Menag akan menunaikan salat Idulfitri 1442 Hijriah bersama keluarga inti di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan Covid-19.

"Saya juga akan takbiran di rumah bersama keluarga inti, anak-anak dan istri. Kamis pagi, saya akan menjadi imam dan khatib Shalat Id di rumah," kata Yaqut seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga : Menag Ingatkan Jemaah Haji Hindari Bawa Barang Tak Relevan dan Berbau Politik

Walau hanya akan salat bersama keluarga inti, Yaqut membocorkan materi khotbahnya. Dia mengaku akan menyampaikan pesan tentang hikmah Idulfitri dalam masa berjuang melawan pandemi.

"Saya akan menyampaikan pesan khatib tentang hikmah puasa dan spirit Idulfitri di tengah pandemi," tuturnya.

Menag sekalian mengajak umat Islam agar beribadah dan berlebaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga : Doakan Korban Gempa Cianjur, Menag Ajak Masyarakat Salat Gaib dan Tahlil

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk mematuhi aturan mengenai pelaksanaan salat Idulfitri 1442 Hijriah.

Salat Idulfitri berjemaah di luar rumah hanya boleh digelar di wilayah zona kuning atau zona hijau. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di Masa Pandemi Covid-19.

#Salat Idulfitri #menteri agama