Rabu, 12 Mei 2021 11:27

Jelang Lebaran, XL Axiata Siapkan 40 Unit Mobile MBTS

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang Lebaran, XL Axiata Siapkan 40 Unit Mobile MBTS

Gede sapaan karibnya, menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mendekati lebaran, hal yang paling ditakutkan oleh masyarakat adalah jaringan yang bermasalah. Apalagi saat pandemi sekarang ini, mudik dilarang. Akibatnya, hanya melalui telepon ataupun video call menjadi pilihan utama agar dapat mengetahui kondisi keluarga.

Namun bagi pengguna setia XL, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang lebaran tahun ini. XL Axiata telah meningkatkan kapasitas hingga dua kali dari kondisi hari normal.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, jauh hari pihaknya sudah menyiapkan secara cermat untuk mencegah naiknya trafik secara signifikan seperti lebaran tahun lalu.

Baca Juga : Tips Libur Panjang Lancar Jaya ala XL Axiata

“Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20 persen di layanan data. Layanan streaming video atau musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili,” katanya, Rabu (12/5/2021).

Dengan memiliki pelanggan sebanyak 56,02 juta, maka XL Axiata bersinggungan dalam meningkatkan kualitas jaringannya menjelang lebaran nanti.

“Optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Maka dari itu kami mengerahkan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang dipresentasikan mengalami lonjakan fisik,” jelasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi XL Axiata Resmikan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu

Gede sapaan karibnya, menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.

Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah.

Selain itu, XL Axiata tetap memastikan kualitas jaringan di semua wilayah layanan, termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik, serta mengantisipasi terjadinya bencana yang tak terduga.

Baca Juga : Perluas Infrastruktur Jaringan di Sulawesi Jaringan 4G XL Axiata Jangkau 1.900 Desa

“Seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana alam atau juga karena faktor teknis, yang berpotensi menyebabkan terputusnya jaringan. Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,” imbuh Gede.

Penulis : Gilang Ramadhan
#XL Axiata