Selasa, 11 Mei 2021 15:01

Buka Puasa Siang Ini karena Anggap Sudah Masuk 1 Syawal, An-Nadzir Lebaran Besok

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Jemaah An-Nadzir sudah membatalkan puasa sehari sebelum lebaran. Mengapa?

RAKYATKU.COM -- Jemaah An-Nadzir selalu lebih awal berpuasa ataupun lebaran. Siang ini, Selasa (11/5/2021), mereka sudah membatalkan puasanya.

"Iye buka puasa siang, karena menurut perhitungan kami sudah masuk 1 Syawal. Jadi Nabi mengatakan bahwa kalau sudah 1 Syawal wajib kita buka puasa," ungkap pimpinan Jamaah An-Nadzir, Samiruddin Pademmui seperti dikutip dari Detikcom.

Jemaah An-Nadzir tak langsung melakukan salat Idulfitri dengan alasan tak pernah dicontohkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

"Tapi karena Nabi tidak pernah lebaran di siang hari, maka kita lebarannya besok pagi. Lebaran Idulfitri-Iduladha itu kan Nabi melakukan di pagi hari jam 7," lanjut dia.

Kelompok An-Nadzir bermarkas Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Berbeda dengan pemerintah dan kebanyakan ormas Islam, puasa dan lebaran selalu dilakukan lebih awal.

 

Mereka memiliki metode tersendiri dalam penentuannya. Berdasarkan hasil pemantauan tim khusus, An-Nadzir memutuskan lebaran Idulfitri jatuh pada Rabu (12/5/2021).

Terkait pelaksanaan salat Idulfitri, Samiruddin mengaku tetap menerapkan protokol kesehatan. Terutama menggunakan masker. Sementara saf tetap tidak berjarak. Tetap rapat seperti sebelum pandemi Covid-19.

Alasannya, peserta salat Idulfitri adalah komunitas mereka sendiri. Tidak ada orang luar.

#An-Nadzir