Selasa, 11 Mei 2021 14:21

Lebaran 12 atau 13 Mei? Ini Penjelasan Ilmiah dari Ahli Astronomi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lebaran 12 atau 13 Mei? Ini Penjelasan Ilmiah dari Ahli Astronomi

Lebaran tahun ini diprediksi bersamaan di Indonesia dan Arab Saudi.

RAKYATKU.COM -- Muhammadiyah sudah menetapkan hari raya Idulfitri lebih awal. Jatuh pada Kamis (13/5/2021). Bagaimana dengan pemerintah?

Mungkinkah pemerintah akan mendahului Muhammadiyah? Selama ini sudah berulang kali terjadi perbedaan. Namun, belum pernah lebaran versi pemerintah dilakukan lebih awal.

Umumnya telat sehari dibandingkan Muhammadiyah. Pemerintah menggabungkan antara medote hisab (perhitungan) dan rukyat (pemantauan hilal).

Baca Juga : Suara Takbir Bersahutan Ledakan Serangan Israel, Warga Palestina Tetap ke Masjid Salat Id

Sementara Muhammadiyah memilih metode hisab. Sudah teruji selama bertahun-tahun. Jarang meleset. Terbukti, perbedaan dengan metode rukyat hanya sehari.

Bagaimana tahun ini? Sambil menunggu sidang isbat yang akan dipimpin Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menarik membaca tulisan ahli astronomi berikut ini:

Kapan 1 Syawal 1442 H?

Baca Juga : Ketika Guru Besar Epidemiologi Jadi Khatib Salat Idulfitri di Bukit Nirwana

Hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 (29 Ramadan), akan diadakan rukyatul hilal 1 Syawal 1442 H oleh Kementerian Agama bersama ormas-ormas Islam.

Jika hilal terlihat, maka Ramadan tahun ini hanya 29 hari dan Rabu 12 Mei 2021 akan dilaksanakan salat Idulfitri. Jika tidak terlihat, maka Ramadan dicukupkan 30 hari dan salat Id dilaksanakan hari Kamis, 13 Mei 2021.

Dengan ilmu astronomi, dapat diketahui secara akurat bahwa hari ini, Selasa 11 Mei 2021, hilal mustahil terlihat (di seluruh dunia) karena saat matahari terbenam, hilal sudah berada di bawah ufuk.

Baca Juga : Sekprov Sulsel Salat Id di Rujab, Harap Pandemi Segera Berakhir

Dengan demikian, insya Allah dipastikan:

1. Ramadan akan dicukupkan 30 hari
2. Hari raya Idulfitri akan dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Mei 2021
3. NU, Muhammadiyah, dan seluruh ormas-ormas Islam di Indonesia akan berlebaran bersamaan.

Bagi penganut rukyat global (ikut rukyat Saudi), juga insya Allah dipastikan hilal tidak akan terlihat pada hari Selasa 11 Mei 2021 (29 Ramadan di Saudi) sehingga Ramadan juga dicukupkan 30 hari dan salat Id akan dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Baca Juga : Momen Idulfitri, Bupati Sidrap Ajak Warga Pererat Ukhuwah Islamiah

Ini hanyalah prediksi astronomis. Keputusan resmi tetap menanti hasil sidang isbat dari pemerintah malam ini.

*Andi Muh Akhyar, MSc, adalah Direktur Sekolah Astronomi Islam Indonesia dan Dosen Ilmu Falak Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar.

 

#Idulfitri 1442 Hijriah