Sabtu, 08 Mei 2021 18:02

Bipang Ambawang yang Dipromosikan Presiden Jokowi Ternyata Babi Panggang, Pemilik Berterima Kasih

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bipang Ambawang yang Dipromosikan Presiden Jokowi Ternyata Babi Panggang, Pemilik Berterima Kasih

Ternyata video yang viral itu merupakan potongan video pidato Jokowi yang diunggah akun YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021.

RAKYATKU.COM - Ajakan Presiden Jokowi sebenarnya bagus. Mengajak warga bangga dengan produk lokal. Semua kini bisa diperoleh secara mudah melalui online.

Masalah muncul karena salah satu produk yang disebut Jokowi. Bipang Ambawang. Ternyata itu bukan bipang atau jipang yang dikenal banyak orang. Bukan camilan dari beras.

Bipang Ambawang ternyata babi panggang, produk asal Kalimantan. Potongan video saat Jokowi mempromosikan Bipang Ambawang akhirnya viral di media sosial.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel di Depan Presiden Jokowi

Potongan video Jokowi soal bipang Ambawang diunggah oleh akun Twitter @BossTemlen. Video itu telah di-retweet ribuan kali.

Narasi pada caption video tersebut mempertanyakan mengapa Jokowi mempromosikan bipang Ambawang pada saat Lebaran. Bipang yang dimaksud dalam narasi ini adalah babi panggang Ambawang.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel: Presiden Jokowi Janji Bakal Bangun Stadion di Sudiang Tahun Ini

Sebagai informasi, Bipang Ambawang merupakan salah satu tempat makan yang menyajikan menu babi panggang di Kalimantan Barat.

Nah, akun Instagram Bipang Ambawang juga mengunggah video pidato Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang sembari berterima kasih karena merasa dipromosikan oleh Presiden.

Ternyata video yang viral itu merupakan potongan video pidato Jokowi yang diunggah akun YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Ikut Dampingi Jokowi Saat kunker di Sulsel

Video bertajuk "05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia" itu berisi acara peringatan bangga dengan produk lokal. Ada sejumlah menteri yang juga berbicara dalam video tersebut.

Dalam pidato tersebut, Jokowi awalnya mengingatkan saat ini pemerintah melarang mudik Lebaran. Menurutnya, larangan itu dibuat demi keselamatan warga di tengah pandemi corona.

Dalam video itu, Presiden Jokowi mengimbau warga yang rindu kampung halaman untuk memesan kuliner khas daerah secara daring. Salah satu yang dia sebut ialah bipang Ambawang dari Kalimantan.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Bakal Dampingi Presiden Jokowi Selama Kunker di Sulsel

"Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujar Jokowi.

Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman berusaha meredam polemik lewat akun Instagram resminya, @fadjroelrachman, Sabtu (8/4/2021).

Fadjroel mengunggah foto bipang. Terlihat foto Bipang Jangkar Kwee Ik Sam Pasuruan.

Baca Juga : Presiden Jokowi Melantik Sembilan Anggota KPPU

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras inilah yang dimaksud Presiden @jokowi Terimakasih," tulis Fadjroel.

#Presiden Jokowi