Jumat, 07 Mei 2021 08:52

Forum Perangkat Daerah, Bupati Barru Sampaikan 4 Poin Pencermatan Penyusunan Renstra

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri).
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri).

Pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah dalam membahas rancangan awal Renstra Perangkat Daerah harus memperhatikan rancangan awal RPJMD Kabupaten Barru Tahun 2021--2026.

RAKYATKU.COM, BARRU - Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan. Filosofi ini termuat dalam pidato Bupati Barru, Suardi Saleh, pada pembukaan Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah Kabupaten Barru Tahun 2021--2026, Kamis (6/5/2021).

Bupati dengan narasi yang kompleks dan berisi, mengkhatamkan maksud, tujuan, dan manfaat Rencana Strategis Perangkat Daerah.

"Dengan adanya forum ini, diharapkan program dan kegiatan Renstra Perangkat Daerah dalam lima tahun mendatang dapat lebih terarah sesuai dengan target kinerja yang telah di tetapkan. Untuk itu, diperlukan komitmen dan konsisten dalam mensinergikan program/kegiatan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten," urai Suardi Saleh di hadapan semua elemen pemerintah daerah yang ia pimpin.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Dia juga mendaraskan bahwa pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah dalam membahas rancangan awal Renstra Perangkat Daerah harus memperhatikan rancangan awal RPJMD Kabupaten Barru Tahun 2021--2026.

"Keberhasilan proses pembangunan yang dilaksanakan, banyak ditentukan sejak dari proses perencanaannya. Saya berharap melalui forum ini kita bisa mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif, dalam rangka penyempurnaan," paparnya di forum yang juga dihadiri oleh perwakilan DPRD Barru, unsur aktivis LSM, perwakilan pers, dan beberapa stakeholder penting lainnya.

Kegiatan yang diikuti dengan pemaparan tiap kepala perangkat daerah di Barru ini, berjalan dengan baik dan tuntas, khususnya dalam menyinkronkan komitmen publik yang pernah disampaikan pada janji politik (japol) pada kampanye pilkada lalu.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

"Perhatikan untuk mendukung dan memastikan prioritas pelayanan dasar yang disingkronkan dengan visi misi yang telah dikomitmenkan di publik," tambah Wakil Bupati Barru, Aska Mappe, yang turut menyampaikan arahan bersama Sekretaris Daerah Barru, Abustan dan Plt Kepala Bappeda, Umar Sinampe.

Ada empat poin yang menjadi pencermatan dalam perencanaan strategis Perangkat Daerah di era kepemimpinan SS-AK.

1. Renstra Perangkat Daerah disusun untuk menjabarkan dan menerjemahkan visi, misi, dan program unggulan RPJMD sesuai tugas dan fungsi utama setiap perangkat daerah

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

2. Merumuskan strategi dan arah secara komprehensif didukung data dan dianalisa yang baik serta benar, dengan memperhatikan keterpaduan dengan perangkat daerah yang lain

3. Mengambil peran dalam indikator kinerja utama daerah dan dijabarkan secara terukur, dapat dicapai dan relevan

4. Penentuan pagu dilakukan secara proporsional, efektif, efisien
dan akuntabel

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru