Kamis, 06 Mei 2021 11:15

Hikmah di Balik Kudeta, Partai Demokrat Langsung Melejit ke Posisi Terhormat Hasil Survei LP3ES

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Agus Harimurti Yudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono

Ada empat kunci sukses yang menunjukkan bobot kepemimpinan dari AHY.

RAKYATKU.COM - Baru setahun menjabat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sukses membawa Partai Demokrat ke posisi terhormat.

Hasil survei terbaru menunjukkan Partai Demokrat kini beradadi posisi kedua di bawah PDIP.

Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) melakukan survei tentang kontestasi parpol serta kandidat capres menuju 2024.

Baca Juga : Survei Charta Politik, Ganjar-RK Paling Bersaing dengan Anies-AHY

Dalam survei itu, PDIP menjadi partai yang banyak dipilih, disusul oleh Partai Demokrat. Posisi ketiga ditempati Partai Gerindra.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan pada 8 sampai 15 April 2021 menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tercatat pada pemilu 2019. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam pertanyaan, jika pemilu dilaksanakan pada saat ini, partai politik apa yang dipilih? Elektabilitas PDIP paling tinggi dengan 24,0 persen, disusul oleh Partai Demokrat dengan 11,3 persen, kemudian Partai Gerindra 9,0 persen.

Baca Juga : Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Teratas, Puan Maharani di Bawah 1 Persen

Kudeta Partai Demokrat disebut-sebut berkontribusi terhadap naiknya popularitas dan elektabilitas partai.

"Kami berpandangan, kenaikan elektabilitas ini sebagai hasil dari ujian kenaikan kelas Partai Demokrat yang diterpa prahara pada medio Januari sampai awal April lalu oleh Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK PD) yang dipimpin KSP Moeldoko yang bisa diatasi secara cemerlang dengan hasil yang gemilang," ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, Kamis (6/5/2021).

Menurut Kamhar, naiknya elektabilitas PD, merupakan efek dari kepemimpinan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dia menyebut, ada empat kunci sukses yang menunjukkan bobot kepemimpinan dari AHY.

Baca Juga : Survei Selalu Teratas, Prabowo Mesti Hati-Hati Pilih Pasangan jika Tidak Ingin Tergelincir

Pertama, kecepatan dalam merespons persoalan dan mengambil keputusan. Kedua, ketepatan menerapkan strategi dengan mengajak publik dan kelompok strategis. Termasuk media massa untuk melakukan kontrol demokrasi atas kekuasaan.

Ketiga, keberanian dalam dihadapi Kepala KSP Moeldoko, seorang purnawirawan jenderal yang berada di kekuasaan. Keempat, kemampuan AHY dalam membangun dan menjaga soliditas kader.

Sementara dalam survei popularitas ketua umum partai politik, AHY berada di posisi ketiga dengan 21,5 persen. Hanya kalah dari Prabowo Subianto 27,6 persen dan tertinggi Megawati Soekarnoputri dengan 23,3 persen.

Baca Juga : Elektabilitas AHY Kedua di Antara Ketum Parpol, IAS: Spirit bagi para Elite Demokrat di Provinsi

"Ini capaian yang luar biasa. Apalagi Mas Ketum baru satu tahun mengemban mandat sebagai ketua umum Partai Demokrat," katanya.

#Agus Harimurti Yudhoyono