Kamis, 06 Mei 2021 07:01

Makam Dibongkar, Jenazah di Bulukumba Tertukar dengan Warga Riau

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Makam Dibongkar, Jenazah di Bulukumba Tertukar dengan Warga Riau

Jenazah di Bulukumba tertukar dengan mayat seorang warga asal Batam, Riau. Makam akhirnya dibongkar.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Jenazah seorang warga di Kecamatan Kajang, Bulukumba tertukar. Akhirnya makam dibongkar, Rabu (5/5/2021).

Ternyata jenazah yang dikebumikan warga Mattoanging Kajang, bukanlah keluarganya. Melainkan jenazah pria bernama Ahmad bin Hasan, warga Batam, Riau.

Kepala desa Mattongin, Zainuddin yang dihubungi Rakyatku.com membenarkan kejadian tersebut. Ia mengakui jika warganya yang meninggal di Malaysia, bukan seorang laki-laki. Tetapi perempuan bernama Darmin bin Majid.

Baca Juga : Pesta Miras di Bulukumba Berujung Maut, Dada Pria Bertato Ditikam Teman Minum

"Ini jenazah yang datang dengan menggunakan peti dijemput pihak keluarga di bandara Hasanuddin Makassar, yang terbang ke Sulsel menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Setibanya di Bandara Makassar, peti mayat dijemput pihak keluarga (anak Darmin bin Majid). Langsung dibawa ke kediamannya di Kabupaten Gowa. Hanya mampir sebentar, lalu dibawa ke kediaman orang tuanya di Mattoanginn, Bulukumba," ujar Zainuddin.

Kata Zainuddin, saat tiba di Bulukumba, peti mayat berisi jenazah langsung dikebumikan pihak keluarga. Mereka tak sempat membuka peti untuk melihat kondisi jenazah di dalamnya.

 

"Jadi saat tiba di Bulukumba, setelah disalati, langsung dibawa ke kuburan untuk dikebumikan. Tanda pengenal yang ada di peti jenazah dibuka pihak keluarga, tanpa dicek identitasnya, langsung dibuang ke tempat sampah," kata Zainuddin.

Baca Juga : Demo PMII Ricuh di Bulukumba, Andi Utta Tendang Ban Pengunjuk Rasa, Massa Berhamburan

Informasi tertukarnya jenazah diketahui pihak keluarga, saat malam hari sekitar pukul 23.00 Wita. Telepon Zainuddin tiba-tiba berdering, saat diangkat seorang pria yang mengaku dari maskapai penerbangan mengungkapkan, jika jenazah yang dikebumikan di siang harinya bukanlah milik keluarga. Melainkan warga Batam.

"Jadi saya memang yang ditelepon oleh maskapai, dia dapat nomorku di Gowa saat dia lakukan pencarian alamat. Saat dia bilang kalau jenazah itu tertukar, kami pun kaget, kenapa bisa terjadi, ini pasti ada kelalaian dari pihak maskapi Garuda. malam itu juga kami bergegas untuk berusaha agar jenazah keluarga kami bisa datang ke Bulukumba, karena sudah sampai di Batam," kata Zainuddin.

Almarhumah Darmin bin Majid, kini sudah tenang dimakamkan di tanah leluhurnya Bumi Panrita Lopi. Ia dikebumikan siang kemarin, sesaat setelah jenazah warga Batam diangkat dari liang kubur.

Baca Juga : Ditemukan Sperma, Seorang Petugas Kamar Mayat Berhubungan Intim dengan Jenazah Wanita

"Jenazah warga Batam, sudah kembali ke asalnya di sana. Pihak maskapai yang mengembalikan. Kami berharap kejadian ini tak terulang lagi," pungkasnya.

Penulis : Rahmatullah
#jenazah #Bulukumba