Rabu, 05 Mei 2021 17:20

Salat Idulfitri Dipusatkan di Lapangan Pantai Seruni, Pemkab Bantaeng Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salat Idulfitri Dipusatkan di Lapangan Pantai Seruni, Pemkab Bantaeng Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Tidak akan ada tempat cuci tangan pakai sabun di lokasi. Tujuannya untuk menghindari penumpukan.

RAKYATKU.COM -- Pemerintah Kabupaten Bantaeng akan tetap memusatkan pelaksanaan salat Idulfitri di Lapangan Pantai Seruni, Bantaeng.

Meski demikian, Pemkab Bantaeng juga tetap memberikan imbauan untuk pelaksanaan salat Idulfitri di masjid-masjid terdekat.

"Agar pelaksanaan salat Idulfitri tidak terfokus pada satu tempat," jelas dr Andi Ihsan dalam konferensi pers, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Idulfitri 22 April 2023

Dia menambahkan, Lapangan Pantai Seruni akan menggunakan enam titik akses yang dijaga tim medis, dan TNI-Polri. Dia juga memastikan, tidak akan ada tempat cuci tangan pakai sabun di lokasi. Tujuannya untuk menghindari penumpukan.

"Kami akan lebih memilih penggunaan hand sanitizer. Kami juga mengimbau untuk tetap menyiapkan hand sanitizer pribadi," jelas dia.

Dia juga menambahkan, Lapangan Seruni juga akan menerapkan physical distancing secara ketat. Selain itu, jemaah diimbau untuk tidak melakukan kontak fisik.

Baca Juga : KPU RI Putuskan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota di Sulsel, Ini Daftarnya

"Jadi kami imbau tidak ada kontak fisik. Seperti salaman, dan cipika-cipiki," jelas dia.

Antisipasi Penumpukan di Pasar

Baca Juga : Jumlah Kursi Bertambah, Ini Opsi Rancangan Dapil DPRD Bantaeng di Pemilu 2024

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan yang juga sekaligus juru bicara tim gugus Bantaeng mengatakan, tim gugus juga saat ini telah berupaya untuk menekan sebaran Covid-19 di pasar-pasar yang ada di Bantaeng.

"Kami memberikan tambahan petugas kesehatan di setiap pasar-pasar utama di Bantaeng. Seperti pasar Lambocca, sentral dan kawasan yang diperkirakan dapat terjadi penumpukan masyarakat," jelas dia.

Dia menambahkan, tim kesehatan akan terus mengingatkan warga akan pentingnya menjaga jarak, dan memakai masker. Setiap pasar akan terus dilakukan sosialisasi ini.

Baca Juga : Suasana Haru dan Bahagia Selimuti Warga Palestina saat Rayakan Idulfitri di Masjid Al-Aqsa

"Sosialisasi pasar-pasar ini akan mulai dilakukan besok," jelas dia.

#bantaeng #idulfitri