Selasa, 04 Mei 2021 16:11

Kementan Nilai Turunnya NTP Bulan April 2021, Momentum Menjaga Harga Ditingkat Petani

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kementan Nilai Turunnya NTP Bulan April 2021, Momentum Menjaga Harga Ditingkat Petani

Tahun ini nilai NTP dan NTUP year on year (yoy) bulan April, jauh lebih baik dibandingkan tahun 2020.

RAKYATKU.COM - Kementerian Pertanian melalui Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri merespons fenomena penurunan nilai NTP dan NTUP bulan April 2021.

Menurutnya, hal ini menjadi hal yang kerap terjadi di tengah panen raya yang terus berlangsung di berbagai tempat.

"Kita tahu saat ini panen raya masih terjadi di berbagai sentra produksi padi dan hortikultura. Di sini lah kunci pemerintah untuk hadir membantu petani agar mendapatkan harga yang layak. Pemerintah tidak membiarkan harga anjlok," tegas Kuntoro di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Kuntoro menjelaskan, gerakan serap gabah dan pengendalian harga di tingkat petani yang dilakukan sinergis oleh Bulog, BUMN kluster pangan, dan pemerintah daerah agar mampu mencegah turunnya NTP lebih dalam. Momentum ini harus menjadi signal masih munculnya harga jual yang belum sesuai dengan HPP di beberapa daerah.

Menurutnya, tahun ini nilai NTP dan NTUP year on year (yoy) bulan April, jauh lebih baik dibandingkan tahun 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) nasional pada April 2021 sebesar 102,93  atau naik  2,60 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar 100,32. Kondisi ini menunjukkan adanya perbaikan tata kelola distribusi produksi dan pemasaran.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

“Subsektor tanaman pangan dan hortikultura memang yang terkontraksi bulan April ini. Namun Sub sektor perkebunan dan peternakan nilainya masih positif di bulan ini. Fenomena panen raya yang seperti ini memang sudah perkirakan dan antisipasi, dan langkah yang kita lakukan sudah cukup baik. sehingga kontraksi nilai NTP tidak sekuat tahun lalu,” jelas Kuntoro.

Tidak hanya itu, Secara nasional, Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) Januari-April 2021 lebih tinggi 0,55 persen dibandingkan NTUP Tahun 2020 pada periode yang sama. NTUP merupakan perbandingan antara Indeks Harga yang Diterima oleh Petani (It) dengan Indeks Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal (BPPBM).

Sebelumnya, BPS menyebutkan terjadi penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) subsektor tanaman pangan sebesar 1,18 persen mengakibatkan turunnya NTP nasional pada April 2021 sebesar 0,35 persen menjadi 102,93, namun nilainya masih lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 100,32.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

Sementara itu, untuk NTP tanaman perkebunan rakyat, peternakan, dan perikanan, masih terjadi peningkatan NTP pada April 2021, di mana NTP tanaman perkebunan naik 0,89 persen, dan NTP peternakan meningkat 1,31 persen.

#kementan