Senin, 03 Mei 2021 19:03

Plt Gubernur Sulsel: Tidak Mau Tokonya Ditutup? Terapkan Protokol Kesehatan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel: Tidak Mau Tokonya Ditutup? Terapkan Protokol Kesehatan

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman akan memberi sanksi tegas bagi pemilik toko di pasar Butung, yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jelang lebaran Idulfitri, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam dan Inspektur Kodam (Irdam) XIV/Hasanuddin, Brigjen TNI Purbo Prastowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa titik pusat perbelanjaan di Kota Makassar, Senin (3/5/2021).

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pasar Butung. Di sana ditemukan beberapa pengunjung yang tidak mengenakan masker.

"Jaga jarak ta. Gunakan selalu maskernya. Seluruh penjual, harus mengikuti protokol kesehatan, jangan ada pengunjung yang menumpuk di dalam, harus menjaga jarak dan mengantre. Para pemilik kios, bahwa perlu kita sampaikan kemarin pasar ini terlalu padat dan viral. Kami khawatir dan was-was, apalagi Covid-19 masih ada," imbau Andi Sudirman Sulaiman menggunakan toa sembari menyusuri kios-kios.

Baca Juga : Plt Gubernur Bangga, Sulsel dan 9 Kabupaten/Kota Masuk Top 99 Inovasi

"Jika konternya luas 3x4, maka 2-3 orang saja yang masuk pembeli. Jika penjual perhiasan atau pernak-pernik, pembeli di depan harus tetap menjaga jaraknya, mengantre. Jangan numpuk-numpuk jadi sesak," lanjutnya.

Ia pun mengingatkan pengelola agar pengunjung dibatasi sekitar 500 orang saja agar lebih mudah dikontrol dalam protokol kesehatan. Dengan demikian tidak perlu dilakukan penutupan.

 

"Saya minta tolong supaya tempat ini tidak ditutup, kami minta kerjasama dari pihak pengelola dan penjual, karena konsekuensinya ini pengelola dan penjual. Pihak sekuriti, harus membatasi pengunjung, (melebihi kapasitas) ada yang keluar baru boleh ada yang masuk lagi. Kita tegaskan, jadi tiga (pengunjung) keluar, tiga orang boleh masuk lagi," tambahnya.

Baca Juga : Andi Sudirman Bangga, Provinsi Sulsel Peringkat 6 Peserta Terbanyak Lulus SBMPTN

Andi Sudirman Sulaiman juga mengatakan, pihaknya akan memberikan tindakan yang tegas bagi pihak-pihak yang tidak melakukan penerapan protokol kesehatan. Ia pun mengaku, bahwa pihak Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk pengalihan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

"Insya Allah, kita sama-sama berkolaborasi bagaimana ekonomi tetap jalan. Kami pertegas tidak ada toleransi, kami meminta pengelola untuk tidak melayani (pengunjung) yang tidak menggunakan masker, yang tidak menjaga jarak, serta selalu menyediakan hand sanitizer dan menjaga kondisi jumlah pengunjung," katanya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menyampaikan hal senada. Ia menghimbau masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya penyebaran virus Corona.

Baca Juga : Plt Gubernur Siapkan 7 Formasi untuk Disabilitas pada Seleksi CPNS 2021, BKD Kaji Jabatan yang Tepat

"Mari sama-sama patuhi protokol kesehatan yang ada, karena ini untuk kepentingan kita bersama. Jangan dianggap sepele," ungkapnya.

Usai di Pasar Butung, Andi Sudirman kembali berkunjung di Mall Panakkukang. Di sana tampak Andi Sudirman melihat kondisi yang sudah mulai membatasi pengunjung. Ia pun berharap agar kondisi ini bisa tetap dipertahankan, sehingga mencegah penyebaran virus corona.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #pasar butung