Kamis, 29 April 2021 18:02

Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Irma Ardhany. (Foto: Dok Pribadi)
Irma Ardhany. (Foto: Dok Pribadi)

Awal mula berjualan daring hanya modal nekat dan ikut-ikutan, tetapi akhirnya malah keterusan. Omzetnya kini ratusan juta rupiah.

RAKYATKU.COM - Banyak contoh pengusaha berhasil menjalankan bisnis pada usia muda. Kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekad kuat menjadi beberapa faktor membuat mereka mencapai kesuksesan.

Sukses dalam berbisnis tak lagi memandang usia, terbukti banyak pengusaha muda berhasil memetik buah manis berkat usaha yang dirintisnya.

Salah satunya Irma Ardhany yang mampu meraup keuntungan ratusan juta rupiah selama berjualan daring alias online di media sosial. Dia punya reseller yang datang dari berbagai pelosok di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, bahkan ke luar daerah.

Mahasiswi berusia 18 tahun itu mengaku berjualan daring di Facebook sejak 2016. Produk yang ditawarkan mulanya pakaian. Salah satu produk andalannya adalah jilbab instan SMP kala itu.

Dia menjelaskan bahwa awal mula berjualan daring hanya modal nekat dan ikut-ikutan, tetapi akhirnya malah keterusan. Bahkan berjualan daring sudah jadi hobinya sebagai orang yang suka menghitung.

 

"Awalnya saya tertarik lihat orang posting-posting. Eh, dapat uang. Mulai dari sana saya juga ikut dengan modal uang jajan, tapi sempat berhenti. Namun, dilanjutkan lagi karena seakan ada yang kurang. Supaya tidak terbebani, saya jadikan olshop (online shop) itu sebagai hobi berpenghasilan," ujar Imma sapaan akrabnya, yang saat dihubungi via WhatsApp tengah berada di Bone, Rabu sore (28/4/2021).

Selama jualan daring ia mengaku telah mengantongi keuntungan sekitar ratusan juta dengan rata-rata penjualan 50 orderan tiap hari selama pandemi COVID-19. Padahal, sebelum pandemi, hanya sekitar 10 orderan. Semangatnya yang tak pernah padam membuat omzetnya naik hingga saat ini.

Perempuan kelahiran 5 Mei 2002 ini bahkan dengan percaya diri menyelesaikan studinya di IAIN Bone Jurusan Hukum Tata Negara dengan hasil jerih payahnya sendiri.

"Alhamdulillah dari hasil keuntungan yang saya peroleh, saya bisa membiayai kuliah sendiri. Mulai dari pendaftaran, SPP, uang kos, buku, dan kebutuhan lainnya sudah tidak minta di orang tua lagi. Saya yakin S1 saya selesai dengan keringat saya sendiri bahkan bisa saja melampauinya," ucapnya dengan bangga dan penuh harap.

Imma pun memberikan masukan kepada generasi milenial yang ingin sukses seperti dirinya di usia muda. Ia mengatakan, jangan ragu untuk memulai dan jangan gengsi.

"Jalanin aja dulu, semua pasti akan ketemu jalannya dan yang terpenting, jangan pernah down dengan celotehan orang lain yang membuatmu rendah. Gengsi tidak akan membuatmu sukses malah hanya akan membuatmu terpuruk," tuturnya.

Citizen Reporter: Nur Auliyana T.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2020

 

#Online Shopping #Jualan Online