Rabu, 28 April 2021 22:56

366 Bakal Calon Kepala Desa Ikut Seleksi, Bupati Wajo: Yang Menang Rangkul yang Kalah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
366 Bakal Calon Kepala Desa Ikut Seleksi, Bupati Wajo: Yang Menang Rangkul yang Kalah

Sebaliknya yang kalah mengakui calon kades yang diberikan kepercayaan masyarakat.

RAKYATKU.COM,WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo Sulawesi Selatan menggelar seleksi bakal calon kepala desa (bacakades) 2021. Tes berupa ujian tertulis dan wawancara.

Sedikitnya 366 bakal calon kades mengikuti seleksi di SMA 3 Sengkang, Kabupaten Wajo, Rabu (28/4/2021).

Bupati Wajo, Amran Mahmud ketika membuka kegiatan tersebut berharap, seluruh tahapan uji kelayakan yang dimulai dari soal hingga ke tingkat Kabupaten Wajo dipastikan berjalan sesuai prosedur dan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga : Dandim 1406/Wajo Cek Kesiapan Pembangunan Jalan TMMD

"Hasil kelayakan ini belum dapat mengantarkan bakal calon kepala desa menjadi kepala desa. Masih ada proses pemilihan secara demokratis di desa. Karena itu harus mencari simpati masyarakat di desa masing-masing supaya masyarakat memberikan suara kepada para calon," kata Amran.

Bupati berharap, dalam hasil proses pemilihan nanti, para kepala desa terpilih diminta merangkul calon yang kalah. Sebaliknya yang kalah mengakui calon kades yang diberikan kepercayaan masyarakat.

"Saya percaya bahwa kepala desa yang akan terpilih nanti adalah pilihan Tuhan. Tuhan yang akan menentukan 366 dari 103 desa yang mengikuti proses pemilihan," lanjut Bupati.

Baca Juga : BRI Peduli, Berbagi Sembako ke Panti Asuhan di Wajo

Bupati Wajo, Amran Mahmud menambahkan, dalam pantauannya, pelaksanaan tes cukup kondusif. Para peserta tenang dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

“Saya sangat bersyukur. Meski dalam pandemi Covid-19 pelaksanaan tes berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Wakil Bupati Wajo, Amran SE juga berharap seluruh tahapan pilkades serentak berjalan lancar hingga nanti pemilihan.

Baca Juga : Anjing Gila Menyerang, Dua Warga Jadi Korban

"Kita doakan semuanya lancar, dari 366 bakal calon kepala desa berasal dari 13 kecamatan dari 14 kecamatan di Kabupaten Wajo yang menyelenggarakan proses pemilihan kepala desa," katanya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pilkades 2021 #wajo