Rabu, 28 April 2021 14:02

Lantik 166 Pejabat Fungsional, Wali Kota Parepare Kutip Pernyataan Jokowi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di lapangan tennis indoor rumah jabatan Wali Kota Parepare, Rabu (28/4/2021).
Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di lapangan tennis indoor rumah jabatan Wali Kota Parepare, Rabu (28/4/2021).

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini juga mengutip pernyataan penyederhanaan birokrasi yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, melantik 166 pejabat fungsional lingkup Pemerintah Kota Parepare. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di lapangan tennis indoor rumah jabatan Wali Kota Parepare, Rabu (28/4/2021).

Dalam pelantikan yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan itu, Taufan menitip pesan kepada pejabat fungsional yang diketahui didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan ini.

"Acara ini sangat sakral. Mengapa saya katakan sakral karena ini adalah titik awal saudara dalam meniti karier. Semua pejabat memulai dari titik nol. Saya berharap saudara menjadi sosok ASN kuat dan tangguh yang profesional dan berintegritas," Taufan menekankan.

Baca Juga : "Biar Ketemu Cinta Sejati", Sandiaga Uno Ajak Jomlowan Indonesia Berkunjung ke Kota Cinta Parepare

Taufan berharap, pelantikan ini tidak sebatas seremonial, tetapi sebagai rangkaian dalam merajut komitmen fungsi-fungsi manajemen.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini juga mengutip pernyataan penyederhanaan birokrasi yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo.

 

"Saya mengutip pernyataan Bapak Jokowi, Presiden RI, terkait penyederhanaan birokrasi dibagi dua level, yaitu jabatan pimpinan tinggi madya dan pratama sedangkan jabatan administrator dan pengawas disetarakan menjadi jabatan fungsional berbasis keahlian, keterampilan, dan kompetensi tertentu," ungkap TP, akronim nama Wali Kota Parepare dua periode ini.

Baca Juga : Tiga Warga Parepare Terkonfirmasi COVID-19, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Taufan menilai, kebijakan tersebut memberikan ruang bagi pejabat fungsional sehingga perlunya mengasah keterampilan yang dimiliki.

"Saudara yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, tentu di dalamnya harus dipandang dalam bingkai keahlian. Walaupun bermodalkan sedikit keahlian, tapi jika diasah terus-menerus dan memperlihatkan kinerja, maka saudara akan tampil profesional. Jangan pernah berhenti belajar, asah kemampuan dan manfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia," ucap Taufan meminta Kepala BKPSDM Parepare memperhatikan peningkatan kualitas dan kapabilitas ASN lewat pendidikan dan pemberian beasiswa.

"Hari ini secara legalitas saudara telah diakui sebagai jabatan fungsional. Saya berharap jagalah amanah ini dengan baik sebagai abdi masyarakat, abdi pemerintahan, dan abdi masyarakat karena lillahi taala," tutup Taufan diapit Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim dan Kepala BKPSDM, Gustam Kasyim.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare