Selasa, 27 April 2021 15:13

Stok Beras untuk Kabupaten Gowa Aman hingga Lebaran

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Stok Beras untuk Kabupaten Gowa Aman hingga Lebaran

Ketersediaan beras di Bulog untuk Kabupaten Gowa saat ini lebih dari cukup.

GOWA - Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni meminta agar ketersediaan bahan pokok termasuk beras terus aman selama ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri1442 Hijriah.

Ia meminta agar dalam hal ini Perusahaan Umum (Perum) Bulog Cabang Makassar untuk menjaga ketersediaan stok beras di wilayah Kabupaten Gowa tetap terpenuhi.

"Saya harap ketersediaan stok beras terutama di bulan ramadan ini agar tetap dipertahankan hingga Idul Fitri nanti," katanya saat menerima Audiens Perum Bulog Cabang Makassar di Ruang Kerjanya, Selasa (27/4).

Baca Juga : 2023, Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh Positif

Menurutnya, ketersediaan beras harus dapat dipenuhi sesuai kebutuhan atau konsumsi masyarakat. Apalagi di tengah ramadan ini yang dipastikan konsumsi masyarakat terhadap beras juga naik.

Sementara itu, Pimpinan Perum Bulog Cabang Makassar, Harisun mengatakan bahwa ketersediaan beras di Bulog untuk Kabupaten Gowa saat ini lebih dari cukup.

"Kalau ketersediaan stok kami sudah lebih dari cukup," katanya.

Baca Juga : Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Ia menyebutkan, saat ini di Kabupaten Gowa penyerapan untuk panen baru telah mencapai sekitar 2.000 ton lebih. Sedangkan stok dari tahun 2020 masih ada 850 ton. Sehingga total stok yang ada di Kabupaten Gowa sebanyak 2.850 ton.

Menurutnya, ketersediaan stok beras di gudang-gudang Bulog juga akan terus mengalami peningkatan. Hal ini karena proses panen masih berlangsung.

"Saat ini di gudang sangat dipenuhi oleh beras panenan lokal tahun ini. Tidak berlangsung lama. Mungkin satu atau dua bulan lagi gudang-gudang Bulog sudah mulai penuh sedangkan panen masih berlangsung," ujarnya.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

Dirinya juga berharap adanya sinergitas dan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa terkait penyaluran beras. Misalnya ada program-program pemerintah daerah yang bisa dikerjakasamakan dengan Bulog.

"Harapan kami keterlibatan pemerintah dalam penyaluran ini sangat kami harapkan. Saat ini kami melakukan penyerapan beras yang begitu banyak dari hasil panen petani lokal. Cuma saat ini penugasan pemerintah oleh Bulog ini saat ini tidak ada. Olehnya itu, kami kesulitan penyalurannya," harapnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Gowa, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj Kamsina dan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Firdaus.

#Pemkab Gowa