Selasa, 27 April 2021 11:01

Termuda di Indonesia, Ahli IT yang Disiapkan Jadi Ketum Partai Ummat Ternyata Menantu Amien Rais Lulusan Belanda

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ridho Rahmadi (kanan) bersama istri.
Ridho Rahmadi (kanan) bersama istri.

Pengumuman resmi akan disampaikan bertepatan deklarasi secara nasional pada malam 17 Ramadan 1442 Hijriah.

RAKYATKU.COM - Masih sangat muda. Tiga puluh enam tahun. Ridho Rahmadi bakal mencatat rekor sebagai ketua umum partai termuda di Indonesia.

Kedua orang tuanya berdarah Palembang, Ridho lahir di Jogjakarta tahun 1985. Dia menikahi adik kelasnya di SMP, Tasniem Fauzia Rais. Anak keempat mantan Ketua MPR RI, Amien Rais.

Lulus pendidikan sarjana Teknik Informatika dari UII Jogja, Ridho mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan master di Eropa.

Baca Juga : Partai Ummat Pilih Anies Baswedan

Tahun 2012, ia berhasil meraih dua gelar master sekaligus dari Czech Technical University in Prague, Republik Ceko dan Johannes Kepler University Linz, Austria.

Selanjutnya dia memperoleh beasiswa untuk menempuh pendidikan S3 di Radboud University Nijmegen, Belanda. Mendalami bidang machine learning dengan topic penelitian tentang causal discovery.

Saat ini, Ridho tercatat sebagai salah satu dosen di Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Jogja.

Baca Juga : Orang Dekat Prabowo Jadi Pilar Partai Ummat, Ini Susunan Pengurus Intinya

Nama Ridho Rahmadi jadi hangat setelah diumumkan Amie Rais sebagai bakal calon Partai Ummat" href="https://rakyatku.com/tag/ketua-umum-partai-ummat">ketua umum Partai Ummat. Pengumuman resmi akan disampaikan bertepatan deklarasi secara nasional pada malam 17 Ramadan 1442 Hijriah.

Pada tahun 2019 Ridho Rahmadi baru saja mendapatkan gelar doktor di Radboud University, Belanda. Pada tahun 2017, Ridho melakukan visiting riset di Amerika selama 5-6 bulan dan juga kembali ke Indonesia.

Ridho juga disebut mengerjakan proyek Uni-Eropa. Setiap tahunnya, proyek ini melakukan assembly meeting bersama rekan-rekan lainnya dari empat negara yaitu Belanda, UK, Prancis, dan Jerman.

Baca Juga : Buhari Kahar Ikut Teken Akta Pendirian, Amien Rais Tunjuk Ahli IT Jadi Ketua Umum Partai Ummat

Kandidat Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Agung Mozin mengatakan, Ridho Rahmadi dipilih atas pertimbangan Majelis Syuro yang diketuai Amien Rais.

Salah satu kriterianya adalah tak memiliki beban politik di masa lalu. "Nah, kemudian, kita pikir bagaimana cari orang yang tidak punya beban masa lalu. Tapi punya integritas dan moralitas yang kurang lebih bagus. Nah, itulah yang kemudian bocor halus sebagai kandidat ketua adalah Ridho Rahmadi," ucap Agung seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, salah seorang pendiri Partai Ummat asal Sulawesi Selatan, Buhari Kahar Muzakkar menyebut, Amien Rais sudah mengumumkan struktur pengurus inti.

Baca Juga : Buhari Kahar Muzakkar Ditunjuk PIC, Partai Ummat Siap Bikin Kejutan di Sulawesi Selatan

Amien Rais juga sudah menunjuk Dr Muhajir sebagai sekretaris jenderal. Dia mantan anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional.

 

#ketua umum partai ummat #partai ummat #ridho rahmadi