Sabtu, 24 April 2021 15:37

Pilih Asuransi Mobil Tepat Sesuai Kebutuhan, Perhatikan 4 Faktor Penting Ini

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sebagai pemilik kendaraan yang tertib dan bertanggung jawab, demi investasi jangka panjang Anda lantas berencana untuk melindungi mobil kesayangan dengan mengasuransikannya.

RAKYATKU.COM - Ada pepatah yang mengatakan, “Menjadi yang pertama belum tentu mendapatkan yang terbaik." Berarti hal yang tergesa-gesa atau terburu-buru belum tentu mendatangkan hasil yang maksimal.

Apalagi jika keputusan tersebut Anda ambil dan berkaitan erat dengan sesuatu yang sangat penting dalam hidup Anda. Salah satunya seperti membeli asuransi mobil.

Banyak orang yang membeli asuransi mobil demi keamanan, kenyamanan, dan ketenangan dalam berkendara. Semakin padatnya kondisi lalu lintas khususnya di bilangan ibu kota sudah tentu berpotensi menjadi penyebab meningkatnya frekuensi kecelakaan.

Baca Juga : Pembayaran Klaim COVID-19 Diperkirakan Tembus Rp1 Triliun

Banyaknya mobil yang memadati arus lalu lintas setiap hari tanpa disertai infrastruktur jalan yang luas membuat kemacetan semakin parah. Tak jarang, mesin mobil jadi cepat panas dan kemudian berimbas pada kerusakan. Bagi Anda yang bepergian setiap hari menggunakan kendaraan pribadi, tentu sudah sangat familiar dengan kondisi ini.

Sebagai pemilik kendaraan yang tertib dan bertanggung jawab, demi investasi jangka panjang Anda lantas berencana untuk melindungi mobil kesayangan dengan mengasuransikannya.

 

Ini tentu merupakan pilihan yang bijak. Namun sebelum terburu-buru menentukan asuransi mobil seperti apa yang ingin Anda beli, perhatikan terlebih dahulu faktor-faktor berikut sehingga Anda bisa memilih jenis asuransi mobil yang tepat sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Demi Uang Asuransi, Suami Dorong Istri yang Lagi Hamil Usai Foto Romantis di Tebing

1. Rekam Jejak Perusahaan
Sebelum mengeluarkan uang untuk membayar premi asuransi bagi mobil Anda, Anda tentu ingin memastikan bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih merupakan yang terbaik, atau setidaknya dapat dengan sesuai memenuhi kebutuhan Anda.

Oleh sebab itu, amatilah dengan cerdas seputar rekam jejak perusahaan tersebut. Pertimbangkan ulasan dari para nasabah yang sudah lebih dulu bergabung. Perhatikan apakah perusahaan asuransi tersebut memang sudah diakui atau dimonitori suatu lembaga.

Di Indonesia sendiri, ada OJK (Otoritas Jasa Keuangan) selaku lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia. Namun untuk saat ini belum semua perusahaan asuransi di Indonesia yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda dapat mengeceknya di laman situs www.ojk.go.id menanyakan langsung ke layanan konsumen OJK di telepon (021) 2960 0000.

Baca Juga : Demi Uang Asuransi, Perempuan Cantik Ini Gergaji Tangannya Sendiri

2. Jangan Tergiur Harga Premi Rendah
Sebuah saran yang mungkin sudah terdengar klasik namun ada benarnya. Jika tidak ingin merasa tertipu, kecewa atau dibodohi, sebaiknya hindari saja iming-iming biaya premi rendah ini.

Telitilah sebelum membeli, karena di balik premi yang rendah tak jarang ada aturan main lain di belakangnya. Oleh sebab itu, hendaknya Anda berhati-hati dalam menafsir penawaran yang terdengar menggiurkan tersebut. Karena yang terdengar menggiurkan nyatanya belum tentu bisa menguntungkan.

3. Memiliki Rekanan Bengkel Luas
Terlepas dari apakah itu adalah asuransi kesehatan ataupun mobil, asuransi mobil yang andal dan terpercaya biasanya sudah memiliki rekanan, dalam hal ini adalah rekanan bengkel yang tersebar luas dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Demi Uang Asuransi, Perempuan Cantik Ini Gergaji Tangannya Sendiri

Merujuk hal tersebut, pastikanlah bahwa perusahaan asuransi yang sedang Anda bidik mempunyai jaringan bengkel yang luas dengan kualitas dan pelayanan yang baik. Jika jaringannya sudah luas, besar kemungkinan Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan dalam menentukan bengkel mobil yang terbaik dan terpercaya untuk memperbaiki mobil Anda.

4. Membantu Nasabahnya dengan Cepat
Meskipun tidak semua perusahaan dan agen asuransi seperti ini, fakta riilnya ada saja beberapa perusahaan asuransi yang hanya melayani secara maksimal di awal saja. Setelah Anda berhasil didapatkan sebagai target, pelayanannya pun berangsur menurun dan jadi tidak seoptimal seperti di awal. Ini menyebabkan nasabah pun harus bisa melakukan segala sesuatunya sendiri.

Jadi alangkah lebih baiknya jika Anda pertimbangkan terlebih dahulu mengenai akses dan fasilitas yang diberikan perusahaan tersebut sebelum menjatuhkan pilihan. Pilihlah selalu asuransi yang terbukti senantiasa membantu nasabahnya dengan cepat.

Baca Juga : Demi Uang Asuransi, Perempuan Cantik Ini Gergaji Tangannya Sendiri

Sebagai contoh, perusahaan asuransi yang Anda minati mempunyai akses call center 24 jam sehingga jika terjadi situasi darurat, Anda dapat dengan mudah dan cepat menghubungi call center dan meminta bantuan.

Demikianlah faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis asuransi mobil yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

#Asuransi #Asuransi Kendaraan #Asuransi Mobil