Kamis, 22 April 2021 18:43

Bupati Luwu Utara: Kaum Perempuan Berada di Garis Terdepan Melawan Covid-19

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara: Kaum Perempuan Berada di Garis Terdepan Melawan Covid-19

70% perempuan adalah para tenaga kesehatan, termasuk dokter dan tenaga medis lainnya dalam melawan Covid-19.

LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tampil sebagai pembicara dalam webinar bertajuk Knowledge Sharing Forum (KSF) yang digelar secara virtual oleh Universitas Terbuka, Kamis (22/4/2021). Tak hanya Bupati Luwu Utara, dua Bupati perempuan lainnya juga tampil sebagai narasumber, yakni Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dan Bupati Brebes Idza Priyanti. Menariknya, webinar ini juga dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Yang jadi topik pembahasan adalah terkait Akses Terhadap Kesetaraan Kesempatan. Mengingat webinar digelar dalam rangka Hari Kartini.

Bupati Indah Putri Indriani dalam pemaparannya menjelaskan bahwa peran kaum perempuan di tengah pandemi sangat besar. Ia menyebutkan, di sektor kesehatan, perempuan berperan besar dalam menekan laju penyebaran COVID-19. “Untuk sektor kesehatan di masa pandemi ini menunjukkan bahwa perempuan berada di garis terdepan. Di mana 70% perempuan adalah para tenaga kesehatan, termasuk dokter dan tenaga medis lainnya. Mereka berperan sangat aktif,” kata dia.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Terkait kesetaraan kesempatan, ia menyebutkan bahwa tantangannya memang masih cukup banyak. “Kalau bicara pengalaman kesempatan yang diberikan oleh negara kepada kita sebenarnya sudah sangat luar biasa dan didorong juga oleh kebijakan affirmative action,” jelasnya.

Namun kendalanya, kata dia, ada pada perempuan itu sendiri yang masih enggan meningkatkan kompetensi, dan kualifikasi dirinya. Untuk itu, dengan keberadaan Universitas Terbuka bisa mendorong kaum perempuan tampil di depan.

Dikatakan Indah, kesempatan mengambil peran penting jangan hanya diberikan kepada perempuan yang bekerja di sektor formal saja, tapi juga perempuan di sektor informal, termasuk ibu rumah tangga. Ia juga berharap kepada Universitas Terbuka untuk dapat memberi ruang kepada seluruh perempuan mengambil peran yang lebih banyak di sektor-sektor yang ada.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

“Kartini sejati itu menurut saya bukan hanya yang bekerja pada lembaga pemerintah, lembaga swasta, atau menduduki posisi-posisi teknis, tapi juga yang tak kalah pentingnya adalah ibu rumah tangga,” pungkasnya.

#pemkab luwu utara