Kamis, 22 April 2021 21:13

Kota Masamba Selalu Tergenang, Kanal Permanen Salu Matoto Siap Dibangun

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kota Masamba Selalu Tergenang, Kanal Permanen Salu Matoto Siap Dibangun

Pemerintah akan membangun kanal dan drainase permanen untuk mengatasi persoalan genangan air di kota Masamba dan sekitarnya.

LUWU UTARA - Keseriusan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk mempercepat penanganan dan pemulihan kota Masamba pascabencana banjir bandang beberapa waktu lalu tak perlu diragukan. Beberapa waktu lalu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bermohon kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan untuk mempercepat penanganan atas genangan air yang sering terjadi pascahujan deras, seperti yang diungkap Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Adenan Rasyid, Kamis (22/4/2021), di Masamba.

“Hari ini kami turun lengkap merespon permohonan Bupati. Selain bentuk respon, kehadiran kami hari ini adalah wujud keseriusan atas permohonan ibu Bupati kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan untuk penanganan atas genangan air yang sering terjadi di sepanjang jalan kota Masamba saat hujan deras terjadi,” ungkap Adenan Rasyid dalam Rapat Pembahasan Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Kanal Salu Matoto bersama Bupati Luwu Utara, di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya membantu apa yang bisa dilakukan yang menjadi kewenangannya. “Sinkronkan dengan rencana yang akan kita lakukan, simpulkan apa yang bisa kita bantu dan kerjakan! Kita ingin sinergikan keseriusan Pemda Luwu Utara, sebab Pemda pun cepat merespon apa yang menjadi kebutuhan kita saat di lapangan,” imbuhnya. Sementara Bupati Indah Putri Indriani dalam rapat itu mengakui masih banyak PR yang harus diselesaikan, termasuk persoalan genangan air yang sering terjadi pascahujan deras.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

“Pemerintah akan membangun kanal dan drainase permanen untuk mengatasi persoalan genangan air di kota Masamba dan sekitarnya,” kata Indah. Ia berharap, Rapat DED Pembangunan Kanal Salu Matoto dapat segera dirampungkan. “Besar harapan kita bahwa pertemuan ini menjadi embrio percepatan penanganan genangan pascabanjir bandang serta review terkait rencana pembangunan kanal Salu Matoto,” tandasnya. 

Tinjau Lapangan

Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) langsung melakukan peninjauan lapangan bersama Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur. Peninjauan lapangan dilakukan guna menindaklanjuti hasil Rapat Pembahasan Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Kanal Salu Matoto di hari yang sama. Gerak cepat ini dilakukan untuk memastikan bahwa pembangunan kanal permanen akan segera dimulai.

Baca Juga : Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, yang di temui usai melakukan peninjauan bersama BBWSPJ mengatakan bahwa peninjauan lapangan dilakukan untuk melihat secara langsung titik-titik mana saja yang masuk dalam perencanaan penanganan.

Selain melihat secara langsung titik yang masuk dalam perencanaan, mantan Kepala Dinas PUPR ini juga menjelaskan bahwa respon cepat BBWSPJ usai rapat pembahasan DED untuk memastikan perencanaan pembangunan benar-benar efektif dan efisien.

“Usai rapat tadi, Kepala Balai merekomendasikan kepada pemerintah daerah dan pihak konsultan perencanaan agar terlebih dahulu menghitung dengan matang DED yang akan di kerjakan. Makanya kepala balai meminta jajarannya terus didampingi,” tandasnya. 

#pemkab luwu utara