Kamis, 22 April 2021 21:02

Kisah Eks Timnas Indonesia M Ilham, Buka Bisnis Travel Haji-Umrah hingga Putuskan Hijrah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Muhammad Ilham (kanan).
Muhammad Ilham (kanan).

"Jadi kita nggak tau kapan dipanggil sama Allah kapan itu. Jadi saya pikir saya beribadah benar-benar mengenal agama baru di umur ini, saya tidak mau sia-siakan begitu," kata Muhammad Ilham.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Eks pemain tim nasional Indonesia, Muhammad Ilham, saat ini memiliki kegiatan yang jauh dari ranah sepak bola usai pesiun pada 2015 lalu.

Mantan penggawa Persija jakarta itu menetap di Kota Makassar, Sulawei Selatan, sambil fokus mengembangkan usaha yang dirintisnya, bisnis travel haji dan umrah.

"Sekarang ada buka travel haji dan umrah. Cuman, lagi pandemi ini, ya, sekarang tidak ada kegiatan," ujar Ilham kepada Rakyatku.com, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga : Eks Timnas Indonesia Ramaikan Turnamen Sepak Bola Emmy Saelan Cup U-40

Ilham menceritakan, usaha yang di rintis bersama dengan saudara-saudaranya itu berawal ketika berangkat ke tanah suci Makkah.

"Usaha ini awalnya pertama kita berangkat ke Makkah pada waktu itu 2015, 2016, 2017 kita ketemu sama ustaz kita diajak ditawari. Di mana kalau buka seperti ini, insyaallah selagi masih ada Makkah akan terus dikunjungi tamu-tamu Allah," kata ilham.

 

Ilham pun pada akhirnya mantap membuka bisnis travel haji dan umrah. "Dan itu, kan, pekerjaan yang paling mulialah disisi Allah. Usaha yang paling mulialah kita dapat dunianya kita dapat akhiratnya juga," ucap Ilham.

Baca Juga : Prediksi M Ilham, Persija Akan Kewalahan Hadapi Persib

Dia mendirikan travel haji dan umrah dengan nama Travel Janur Utama yang baru keluar izinnya 2019 lalu.

Bukan hanya itu, Ilham juga mulai memutuskan untuk betul-betul hijrah mendekatkan diri kepada Allah dengan memperdalam ilmu agamanya.

"Hijrah karena umur sekarang sudah 40-an. Dulu umur 20-an, kan, kita dulu beribadah, tapi untuk mengenal agama yang betul-betul itu, kan, baru di umur begini," kata mantan pemain Persib Bandung ini.

Baca Juga : Prediksi M Ilham, Persija Akan Kewalahan Hadapi Persib

Ilham mengaku dia hanya ingin menjadikan sisa hidupnya untuk beribadah. "Jadi kita nggak tau kapan dipanggil sama Allah kapan itu. Jadi saya pikir saya beribadah benar-benar mengenal agama baru di umur ini, saya tidak mau sia-siakan begitu," ucapnya.

Penulis : Usman Pala
#Muhammad Ilham #Kisah Pesepak Pola #Kisah Hijrah