Rabu, 21 April 2021 22:31

Bersisa, KPU Makassar Kembalikan Dana Rp18,4 Miliar ke Kas Daerah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Farid Wajdi
Farid Wajdi

Total silpa yang dikembalikan sebesar Rp18,428 miliar.

RAKYATKU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sukses menyelenggarakan pilkada. Aman. Lancar. Juga efisien. Buktinya, ada sisa anggaran Rp18, miliar.

Dana itu adalah sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) hibah penyelenggaraan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Makassar.

"Total silpa yang kami kembalikan sebesar Rp18,428 miliar," kata Farid Wajdi, Ketua KPU Kota Makassar, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga : Keluarga Penyelenggara Adhoc yang Meninggal Dapat Santunan Rp36 Juta, Sakit Berat Rp16,5 Juta

Banyaknya anggaran yang terpakai, kata Farid, dipengaruhi beberapa hal. Di antaranya efisiensi anggaran pada belanja kegiatan KPU Kota Makassar pada pengorganisasian logistik dalam pengelolaan Pilwali Makassar 2020.

"Di lain hal Pilwali 2020 dihelat tanpa adanya calon perseorangan serta nir sengketa sejak launching hingga penetapan calon terpilih. Keadaan tersebut berdampak pula pada efisiensi komponen belanja pada semua divisi di KPU Kota Makassar," tambahnya.

 

Pilkada Makassar hanya diikuti empat pasangan calon. Mereka yakni Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma), Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid (Imun), Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan), dan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

Kontestasi ini akhirnya dimenangkan pasangan Danny-Fatma. Tiga pasangan lainnya tidak ada yang melakukan upaya atau gugatan hukum.

Baca Juga : Evaluasi Pelaksanaan E-Coklit, Anggota KPU RI Berkunjung ke Makassar

Danny-Fatma selanjutnya tergabung dalam pelantikan 11 kepala daerah terpilih dan wakil kepala daerah terpilih di Sulawesi Selatan (Sulsel) hasil pilkada serentak 2020. Pelantikan dilaksanakan di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka, Kota Makassar, Jumat (26/2/2021).

Penulis : Syukur
#kpu makassar