Rabu, 21 April 2021 10:32

Presiden Chad Tewas saat Bentrok dengan Pemberontak, sang Putra Pimpin Dewan Militer

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Idriss Deby. (Foto: Yahoo)
Idriss Deby. (Foto: Yahoo)

Deby yang berusia 68 tahun telah memimpin Chad pasca kudeta pada Desember 1990, menjadikannnya salah satu pemimpn Afrika yang paling lama berkuasa.

RAKYATKU.COM - Tentara chad">Chad menyampaikan bahwa sang Presiden Idriss Deby tewas dalam bentrokan dengan para pemberontak, mengakhiri kekuasaannya selama 30 tahun di negara di Afrika Tengah itu.

Berbicara di stasiun televisi nasional, Selasa (20/4/2021), seorang tentara Chad mengatakan Deby tewas karena luka-lukanya ketika mengunjungi tentara di garis depan.

Dalam beberapa hari terakhir ini pasukan pemberontak yang dikenal sebagai “Front for Change and Concord in Chard” telah memperluas gerakannya di utara menuju ibu kota N'Djamena.

Pemerintah dan parlemen telah dibubarkan dan juru bicara Tentara Chad Azem Bermendao Agouna mengatakan sebuah dewan militer akan berkuasa di Chad selama 18 bulan mendatang.

Dia mengatakan dewan itu akan dipimpin putra Idriss yang berusia 37 tahun, yaitu Jenderal Mahamat Idriss Deby Itno.

Belum ada konfirmasi independen tentang sebab-sebab meninggalnya presiden Chad itu.

Juru bicara militer Amerika di Komando Afrika menyampaikan rasa belasungkawa kepada rakyat Kanada dan mengatakan AFRICOM memantau dengan seksama gerakan pemberontak di Chad.

Hal senada disampaikan juru bicara bagi Sekjen PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric.

Sementara itu Kedutaan Besar Amerika di N'Djamena telah memerintahkan seluruh stafnya untuk mengungsi, merujuk pada potensi terjadinya kerusuhan.

Deby yang berusia 68 tahun telah memimpin Chad pasca kudeta pada Desember 1990, menjadikannnya salah satu pemimpn Afrika yang paling lama berkuasa. Para pengkecam menyebutnya otoriter dan mengecam caranya mengelola pendapatan dari hasil minyak Chad.

Namun, negara-negara Barat melihatnya sebagai sekutu yang penting dalam upaya melawa kelompok-kelompok ekstremis di Afrika Barat dan Sahel, seperti Boko Haram yang bermarkas di Nigeria.

Sumber: VOA Indonesia

#Chad