Selasa, 20 April 2021 13:02

Makan Minum di Depan Umum pada Siang Hari Ramadan, Warga Dipenjara 1 Bulan atau Denda Rp3,8 Juta

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Makan Minum di Depan Umum pada Siang Hari Ramadan, Warga Dipenjara 1 Bulan atau Denda Rp3,8 Juta

Denda juga berlaku bagi orang sakit dan ibu hamil yang makanan dan minuman.

RAKYATKU.COM -- Pilihan hukumannya sulit. Penjara 3 bulan hingga setahun atau membayar denda Rp3,8 juta. Itu sanksi bagi yang makan dan minum di depan umum pada siang hari Ramadan.

Aturan ini berlaku di Bahrain. Tindakan tegas diambil terhadap mereka yang mengonsumsi makanan dan minuman di depan umum selama jam puasa.

Sebenarnya bukan makan atau minumnya yang dilarang. Yang dihukum adalah tindakan yang mempertontonkannya kepada umum.

Jika seseorang ingin makan atau minum di siang hari selama Ramadan, maka harus dilakukan di dalam ruangan dan jauh dari pandangan orang lain.

Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, puasa selama Ramadan adalah wajib bagi semua Muslim dewasa yang seha. Artinya mereka harus pantang makan, minum dan merokok dari fajar hingga senja.

 

Umumnya, puasa tidak dianjurkan bagi orang yang menderita kondisi medis atau wanita yang sedang hamil.

Namun, aturan yang sama juga berlaku untuk mereka - tidak makan atau minum di tempat umum. Membubarkannya di depan umum dianggap tidak jujur bagi agama dan hukum Islam yang benar.

Selain itu, pasal 309 dan 310 KUHP mengkriminalisasi penghinaan terhadap komunitas agama yang diakui, ritualnya, atau simbol keagamaannya dengan hukuman penjara hingga satu tahun atau denda tidak melebihi $ 265 atau 100 dinar Bahrain atau sekitar Rp3,8 juta.

Puasa selama Ramadan berarti pantang dari semua makanan atau minuman. Termasuk air dan permen karet, dari fajar hingga matahari terbenam.

Setelah matahari terbenam, umat Islam berbuka puasa dengan makanan yang biasanya dimulai dengan kurma dan air atau susu. Diikuti dengan makan malam. (Sumber: Gulf News)

 

#denda ramadan #Bahrain