Jumat, 16 April 2021 23:29

Tinjau Inseminasi Buatan Sapi Lokal, Mentan SYL Disambut Bupati Jeneponto

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tinjau Inseminasi Buatan Sapi Lokal, Mentan SYL Disambut Bupati Jeneponto

Pengembangan sapi unggul dilakukan di Desa Bontomanai, Jeneponto.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau proses Inseminasi Buatan (IB) sapi lokal didesa Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Jumat (16/4/2021).

Mentan Republik Indonesia (RI) Sahrul Yasin Limpo, mengamati proses produksi peranakan hingga perawatan sapi melalui sentuhan teknologi canggih.

"Saya harap setiap tahun selalu ada akselerasi untuk menghadirkan bibit yang banyak semennya dan banyak inseminasinya secara massal," terangnya.

Baca Juga : 42 Warga yang Melintas di Batas Takalar-Jeneponto dan Jeneponto-Bantaeng Jalani Uji Swab Gratis

Dia menyebutkan pengadaan bibit unggul yang berkualitas melalui Inseminasi buatan (IB) khusus kuda juga harus diperadakan guna untuk memenuhi kebutuhan gizi hewani masyarakat jeneponto sebagai daerah yang banyak mengomsumsi kuda.

Karena itu, sambungnya, Kementerian Pertanian sebagai leading sektor pertanian dan peternakan berencana akan menghadirkan Inseminasi buatan (IB) khusus kuda di Jeneponto

 

"Salah satu yang harus kita kembangkan dijeneponto adalah inseminisi buatan (IB) kuda," katanya.

Baca Juga : Umumnya Mengaku Warga Lokal, Pelintas Lolos di Perbatasan Jeneponto-Takalar

Sebelumnya camat Rumbia menjelaskan bahwa balai di Desa Bontomanai tersebut mampu menghasilkan sapi unggul dengan proses pengembangan modern melalui sentuhan teknologi terbaru dengan tingkat produksi yang terbilang tinggi yaitu rata-rata sebanyak 200 ekor per tahun dengan harga jual mencapai 10 juta rupiah.

"Produktivitasnya tinggi dan sapinya besar-besar," ujarnya.

Bupati Iksan Iskandar merasa optimis dengan produksi di Desa Bontomanai akan lebih meningkat setiap tahunnya, dengan sapi ternak berkualitas yang dihasilkan melalui donor pejantan berkualitas serta ditunjang SDM berkompeten dan didukung perlengkapan moderen.

Baca Juga : Bupati Buka Sosialisasi Program Kotaku, Dua Kelurahan di Jeneponto Jadi Percontohan

Pada akhir acara, Mentan Syahrul Yasin Limpo secara simbolis menyerahkan peralatan inseminasi buatan (IB) kepada bupati didampingi kepala dinas pertanian dan camat Rumbia.

Penulis : Samsul Lallo
#jeneponto #mentan syl