Jumat, 16 April 2021 11:28

Unggul Jumlah Pemain, Ini Alasan Pelatih PSM Makassar Perlambat Tempo Permainan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: instagram PSM Makassar
Foto: instagram PSM Makassar

Unggul jumlah pemain tidak dimanfaatkan oleh para pemain PSM, malah memilih untuk melambatkan tempo permainan. 

RAKYATKU.COM, SLEMAN-- Laga PSM Makassar menghadapi Persija Jakarta di leg pertama babak semifinal piala Menpora 2021 berakhir imbang tanpa gol. 

Pertandingan yang berlangsung di stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (15/4/2021) malam itu diwarnai kartu merah yang diberikan kepada bek Persija, Marco Motta. 

Pada menit 83 Marco Motta harus mandi lebih cepat setelah menerima kartu kuning kedua, sehingga Persija harus bermain dengan sepuluh orang pemain hingga akhir laga.

Baca Juga : Perbaikan Hampir Rampung, Stadion Gelora BJ Habibie Siap Jadi Homebase PSM Makassar

Namun unggul jumlah pemain tidak dimanfaatkan oleh para pemain PSM, malah memilih untuk melambatkan tempo permainan. 

Terkait hal tersebut, pelatih PSM Makassar Syamsuddin Batola mengatakan bahwa hal tersebut telah diinstruksikan kepada pemainnya karena para pemain Persija memilih untuk bertahan sehingga PSM berhati-hati dalam melakukan serangan. 

 

"Ya disatu sisi setelah saya unggul pemain, pemain Persija bahkan turun hingga di daerah mereka untuk bertahan, itulah mengapa hati-hati untuk membangun serangan, saya ingin pelan-pelan untuk membuka serangan mereka,"ujar Syamsuddin, Kamis (15/4/2021). 

Baca Juga : Jelang laga PSM v PSS, Syamsuddin Umar: PSM Kuat Bertahan, Lemah dalam Penyerangan

Ia juga mengatakan bahwa PSM makassar tidak mau gegabah menyerang untuk mengantisipasi terjadinya serangan balik mengingat Persija memiliki pemain-pemain cepat. 

"Karena mereka ini kumpul di tengah, saya tidak mau gegabah untuk menyerang-menyerang terus, lalu tiba-tiba kena qounter. Itu yang saya intruksikan ke pemain," tutur mantan bek PSM Makassar ini. 

PSM Makassar dan Persija Jakarta akan kembali bertemu di leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo. Laga ini akan berlangsung Minggu, (18/4/2021) mendatang. Penentuan pemenang akan ditentukan dengan sistem agregat, bukan gol tandang.

Penulis : Usman Pala
#Piala Menpora 2021 #PSM Makassar