Kamis, 15 April 2021 12:18

Pemkot dan DPRD Makassar Tanda Tangani RPJMD 2020/2021

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot dan DPRD Makassar Tanda Tangani RPJMD 2020/2021

Juru bicara DPRD Makassar H.M. Yunus mengatakan dengan selesainya hasil kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kota Makassar tahun 2021-2026 tersebut, maka akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mewakili Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto menghadiri rapat paripurna kesebelas DPRD kota Makassar masa persidangan kedua tahun 2020/2021.

Bertempat di ruang rapat sidang paripurna DPRD Makassar, Rabu (14/4/2021), rapat tersebut membahas penandatanganan nota kesepakatan antar Wali Kota Makassar dan pimpinan DPRD Makassar.

Isi rapat tersebut adalah rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Makassar (RPJMD) tahun 2021-2026.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Juru bicara DPRD Makassar H.M. Yunus mengatakan dengan selesainya hasil kesepakatan Rancangan Awal RPJMD tersebut, maka akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

"Sesuai pasal 49 ayat (7) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda
Tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD," ucapnya di depan awak media, Rabu (14/7/2021) kemarin.

Nota kesepakatan, lanjutnya, akan menjadi dasar dalam tahapan berikutnya, yakni konsultasi terhadap konsistensi Perencanaan Nasional dan Daerah melalui Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan selaku wakil Pemerintah.

Baca Juga : Erik Horas Berpotensi Kembali ke Kursi Pimpinan DPRD Makassar

Sementara itu, Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi menuturkan kesepakatan ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam setiap tahapan rangkaian.

"Mulai proses penyusunan Rancangan Awal hingga Penetapan Ranperda sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditentukan agar dapat berjalan lancar dan mampu menjadi Produk Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang baik dan berkualitas," kata Fatmawati Rusdi.

Maka dari itu, Fatmawati Rusdi berharap RPJMD ini akan menjadi momentum yang sangat penting dan strategis dalam upaya melakukan akselerasi pembangunan.

Baca Juga : Eric Horas Pimpin Rapat Monev Komisi B DPRD Makassar Triwulan I

"Ini guna mewujudkan pencapaian visi dan misi pembangunan daerah yang telah ditetapkan," jelas Fatma.

Untuk itu Fatmawati mengajak seluruh unsur legislatif maupun yudikatif serta masyarakat menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama mewujudkan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Tahun 2021-2026.

"Visi misi tersebut adalah percepatan mewujudkan Makassar Kota dunia yang Sombere dan Smart City dengan Imunitas Kuat untuk semua," pungkasnya.

Penulis : Gilang Ramadhan
#dprd makassar #pemkot makassar