Jumat, 09 April 2021 20:07

Dilarikan ke RS karena Sakit Dada, Pangeran Philip Suami Ratu Elizabeth II Meninggal

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pangeran Philip
Pangeran Philip

Selama hidupnya, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth memiliki empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit.

RAKYATKU.COM - Ratu Elizabeth II berduka. Suaminya, Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun, Jumat (9/4/2021).

Dilansir AFP, kematian Pangeran Philip dikonfirmasi Istana Buckingham. Sempat dirawat di rumah sakit pada 16 Februari 2021 dan pulang setelah dirawat inap selama sebulan.

Pangeran Philip sempat menjalani opname karena sakit jantung yang sudah diderita sebelumnya dan infeksi.

Baca Juga : 17 Apri Pemakaman Pangeran Philip Digelar Tertutup

Pangeran Philip yang sudah menikah dengan Ratu Elizabeth II selama delapan dekade, pensiun dari tugas-tugas Kerajaan Inggris pada 2017 dalam usia 96 tahun. Kematiannya terjadi jelang ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni mendatang.

Philip telah mendampingi Ratu Elizabeth II sejak tahun 1947. Lima tahun sebelum ditetapkan sebagai Ratu Inggris yang baru.

"Dengan duka mendalam Ratu Elizabeth II mengumumkan bahwa sang suami, yang mulia Pangeran Philip, Pati dari Edinburgh, telah wafat dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," pernyataan pers Istana Buckingham.

Baca Juga : 17 Apri Pemakaman Pangeran Philip Digelar Tertutup

Selama hidupnya, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth memiliki empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit. Adapun Pangeran Charles dan Camilla Shand berada di urutan berikutnya yang akan menggantikan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip sebagai pemimpin Kerajaan Inggris.

Adapun dalam 10 tahun terakhir, Pangeran Philip sudah menjalani beberapa kali perawatan kesehatan karena berbagai simptom.

Pada 2011, misalnya, Pangeran Philip menjalani sebuah operasi untuk menghilangkan sumbatan di arteri bagian jantungnya setelah dia dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit di bagian dada.

#Pangeran Philip