Kamis, 08 April 2021 22:04

Capaian Pembangunan Terbaik, Bantaeng Wakili Sulsel ke Tingkat Nasional

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kiri), kepada Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.
Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (kiri), kepada Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

Kabupaten Bantaeng menjadi terbaik pertama disusul Sinjai dan Sidrap.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Hotel Claro, Makassar, Kamis (8/4/2021).

Musrenbang itu mengusung tema Inovasi Pemanfaatan Potensi dan Sumber Daya Alam Untuk Kebangkitan Ekonomi.

Sesampainya di lokasi kegiatan, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, langsung bertegur sapa dengan Bupati Maros, Chaidir Syam, yang merupakan sahabatnya sejak mengabdi di Kabupaten Maros.

Baca Juga : 15 Gapoktan di Tompobulu Mulai Lepas Ketergantungan dengan Pupuk Kimia

Selanjutnya, Ketua KNPI Sulsel periode 2007--2010 itu selanjutnya terlihat menyapa Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

Turun hadir pula bupati dan wali kota lainnya. Dalam kesempatan itu Kabupaten Bantaeng berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah 2021.

 

Kabupaten Bantaeng menjadi terbaik pertama disusul Sinjai dan Sidrap. Indikatornya, pencapaian pembangunan daerah dengan aspek penilaian pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB per kapita, tingkat pengangguran terbuka dan jumlah pengangguran, kemiskinan, indeks pembangunan manusia, ketimpangan, pelayanan publik dan pengelolaan Keuangan, dan terakhir transparansi dan akuntabilitas.

Baca Juga : Buka Bimtek PPID, Bupati Bantaeng: PPID Cerminan Baik Buruknya Organisasi Pemerintah

Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, kepada Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin dan para kepala daerah lainnya.

Andi Sudirman Sulaiman berharap agar dalam perencanaan program memiliki data-data yang valid. Kemudian, mempertimbangkan berbagai sudut pandang.

"Contohnya infrastruktur jalan, saya memadukan antara data jalan provinsi, laporan netizen dan terakhir para sopir yang telah berpengalaman melewati jalan itu. Dan semuanya mengalami kecocokan. Pembangunan yang besar itu tidak akan menjadi strategis jika tidak membawa manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Baca Juga : Buka Muscab Kwarcab Bantaeng, Ilham Azikin: Pramuka Harus Adaptif dengan Perkembangan Zaman

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan Pemprov Sulsel. Dia berharap, Bantaeng tetap menjadi daerah terbaik di level nasional nanti.

Dia juga tak lupa berterima kasih kepada semua pihak yang ikut memberikan dukungan sehingga Bantaeng meraih penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan ini tidak lepas dari peran semua pihak.

”Penghargaan ini juga menjadi pemicu semangat kita bersama para OPD dan masyarakat Bantaeng untuk terus berkarya di daerah," tuturnya.

Penulis : Irmawati Azis
#pemkab bantaeng #ilham azikin