Kamis, 08 April 2021 16:26

Gelar Sharing Season, Formaster Sulselbar-Malang Bahas Kondisi dan Masa Depan Perpustakaan Indonesia

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Seminar dalam jaringan bertajuk Formaster Sharing Season #1, melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (8/4/2021).
Seminar dalam jaringan bertajuk Formaster Sharing Season #1, melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (8/4/2021).

Seluruh peserta Formaster Sharing Season #1 diajak untuk secara bersama menyuarakan dan mengawal kepada pihak yang bersangkutan untuk memberikan atensi terkait kondisi perpustakaan di Indonesia.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Forum Mahasiswa Magister Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat-Malang atau disingkat Formaster Sulselbar menggelar seminar dalam jaringan bertajuk Formaster Sharing Season #1, melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan organisasi bagi mahasiswa asal Sulsel dan Sulbar yang sedang menjalani studi program magister di Kota Malang itu mengusung tema Mendaras Ilmu Perpustakaan: Rekonstruksi Spirit Pemustaka dan Masa Depan Pustakawan di Era Keberlimpahan.

Pengurus Formaster Sulselbar-Malang periode 2020-2021 menunjuk Dr. Andi Ibrahim selaku wakil dekan I Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar yang juga menjabat sebagai ketua asosiasi dosen ilmpu perpustakaan se-Indonesia sebagai pemantik atau pembicara untuk memaparkan bagaimana realitas perpustakaan, pustakawan, dan pemustaka di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

Baca Juga : Enaldi Terpilih Jadi Ketua Formaster Sulselbar-Malang

"Jadi, kami mengusung tema perihal perpustakaan untuk menjadi perbincangan pada Formaster Sharing Season seri pertama ini karena kami anggap bahwa hal tersebut menjadi salah satu entitas yang menentukan peradaban pendidikan di Indonesia," ungkap Ketua Umum Formaster Sulselbar-Malang, Deni Indrawan.

Sementara itu, Andi Ibrahim selaku pakar ilmu dan pegiat perpustakaan mengajak seluruh peserta Formaster Sharing Season #1 untuk secara bersama menyuarakan dan mengawal kepada pihak yang bersangkutan untuk memberikan atensi terkait kondisi perpustakaan di Indonesia.

"Perlu kita ketahui bahwa peneliti dari luar Indonesia yang paling pertama ia pastikan sebelum masuk ke wilayah kita adalah kondisi perpustakannya. Perpustakaan menjadi penentu kualitas pendidikan di Indonesia. Saya siap jihad agar perpustakaan kita mendapat perhatian penuh," jelasnya.

Baca Juga : Formaster Sulselbar-Malang Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Bumi Sulbar

Selain itu, kata Andi Ibrahim, perpustakaan menjadi aspek yang wajib mendapatkan perhatian karena disiplin ilmu tersebut menjadi salah satu program studi yang banyak diminati masyarakat yang hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Jadi ilmu perpustakaan ini sangat diminati oleh generasi kita, sehinga kita semua dan tentunya pihak pemerintah sudah saatnya memikirkan bagaimana masa depan pustakawan dan bagaimana pemustaka dapat mengakses perpustakaan yang ada dengan mudah dan menyenangkan," terang Dosen yang diketahui aktif menulis buku dan melakukan penelitian itu.

Diketahui, Formaster Sharing Season #1 dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan, yakni dosen, guru sekolah, pegiat perpustakaan, dan mahasiwa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga : Formaster Sulselbar-Malang Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Bumi Sulbar

Citizen Report:
Deni IndrawanKetua Umum Formaster Sulselbar-Malang

#Formaster Sulselbar-Malang