Rabu, 07 April 2021 15:58

Tidak Colok Hidung Lagi, Warga Makassar akan Dites Covid-19 Pakai Genose, Hasilnya Keluar 5 Menit

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tidak Colok Hidung Lagi, Warga Makassar akan Dites Covid-19 Pakai Genose, Hasilnya Keluar 5 Menit

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah melakukan uji coba aplikasi Makassar Recover dengan layanan tes genose dan PCR yang diperuntukkan untuk para jajaran SKPD serta pegawai lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Rabu (7/4/2021).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah melakukan uji coba aplikasi Makassar Recover dengan layanan tes genose dan PCR yang diperuntukkan untuk para jajaran SKPD serta pegawai lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk fokus pada program unggulan pasangan Wali Kota dan Wakilnya. Maka, peluncuran genose ini bertujuan agar mewujudkan percepatan pemulihan di segala bidang.

"PCR dan genose ini cara untuk mendeteksi adanya virus Covid-19 di tubuh kita. Saya ingin mengajak seluruh masyarakat Makassar untuk menyaksikan bagaimana kedua aplikasi ini bekerja. Dari segi keakuratan dan kecepatan inilah yang akan menjadi tolak ukur yang mana yang akan diambil pemerintah," ucap Danny.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Danny sapaan akrabnya mengatakan masing-masing aplikasi tersebut memiliki cara deteksi yang berbeda. PCR sendiri mengambil sampel lewat lendir dari hidung maupun tenggorokan.

“Sementara genose melalui nafas yang dimasukkan ke dalam kantung khusus," lanjut pria berlatar belakang arsitek ini.

Diketahui, genose yang merupakan aplikasi yang baru hadir hanya dengan menggunakan nafas yang dapat dideteksi pada tarikan nafas ketiga, dan disarankan untuk tidak melakukan aktifitas makan minum dulu selama 30 menit sebelum pemeriksaan dilakukan.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Untuk mengetahui hasilnya sendiri, PCR membutuhkan waktu 2-3 hari. Sedangkan genose sendiri hanya sekitar 5 menit.

Penulis : Gilang Ramadhan
#pemkot makassar #genose