Rabu, 07 April 2021 07:55

Buka Bimtek PPID, Bupati Bantaeng: PPID Cerminan Baik Buruknya Organisasi Pemerintah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Selasa (6/4/2021).
Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Selasa (6/4/2021).

Dengan adanya PPID pada tiap OPD, kecamatan, kelurahan dan desa, nantinya ada kesamaan persepsi dan langkah terkait pemberian informasi kepada masyarakat.

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Menyikapi pentingnya keterbukaan informasi serta kebutuhan akan informasi publik yang makin meningkat, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Bantaeng menggelar Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Selasa (6/4/2021).

Didampingi Kadis Kominfo SP, Subhan, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, yang membuka bimtek secara langsung, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini menjadi sesuatu yang sangat strategis dan pastinya akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di Bantaeng.

“Baik buruknya suatu organisasi pemerintah, cerminannya ada pada PPID. Saya tekankan bahwa transparansi dan akuntabilitas menjadi poin penting yang harus PPID terapkan, bukan malah menutupi keburukan-keburukan pemerintah”, ujar Bupati dalam sambutannya.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

Dengan adanya PPID pada tiap OPD, kecamatan, kelurahan dan desa, nantinya ada kesamaan persepsi dan langkah terkait pemberian informasi kepada masyarakat, agar informasi yang didapat betul-betul valid dan tidak menjadi informasi yang termasuk berita bohong (hoaks).

“Melalui PPID yang hadir sampai pada tingkat paling bawah yakni Desa, maka seluruh aktivitas pemerintah yang akan dan telah dilakukan, dapat terinformasikan kepada masyarakat," lanjut Bupati.

Bupati juga menyampaikan harapan agar para admin PPID yang hadir dapat mengikuti kegiatan dengan penuh perhatian sehingga dapat mengoptimalkan peran dan fungsi PPID sebagai penyedia informasi bagi masyarakat.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

Seperti diketahui bersama, bahwa PPID merupakan pengumpulan, penyediaan, distribusi dan pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkup Pemerintah Daerah, yang terdiri dari PPID utama dan PPID pembantu/pelaksana.

Menjadi narasumber pada kesempatan itu yakni Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, Pahir Halim. Dan bertindak selaku moderator adalah Kabid Humas, Komunikasi, dan Informatika Diskominfo-SP, A. Sukmawati. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 107 orang yang terdiri dari OPD, Perusda, lurah, dan desa lingkup Pemkab Bantaeng.

Penulis : Irmawati Azis
#pemkab bantaeng #Dinas Kominfo SP Bantaeng