Selasa, 06 April 2021 08:30

Kapolres Takalar Sebut Nilai-Nilai Luhur Pancasila Bisa Menangkal Radikalisme

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kapolres Takalar Sebut Nilai-Nilai Luhur Pancasila Bisa Menangkal Radikalisme

Aktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat ampuh dalam memerangi paham radikalisme.

RAKYATKU.COM - Kapolres Takalar, AKBP Beny Murjayanto mengatakan penting bagi semua untuk kembali mempelajari dan mengamalkan dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila. Hal ini untuk menangkal paham radikalisme.

"Kita ketahui bersama bahwa Pancasila tak hanya berkedudukan sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia yang mempunyai makna nilai-nilai yang tercantum di dalam Pancasila itu menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara dan merupakan nilai yang disepakati secara bersama. Oleh karena itu menjadi satu di antara sarana di dalam pemersatu masyarakat Indonesia," kata AKBP Beny Murjayanto, Senin (5/4/2021).

AKBP Beny Murjayanto mengatakan, ideologi Pancasila berfungsi sebagai sarana pemersatu bangsa Indonesia, memperkukuh, dan memelihara kesatuan dan persatuan, menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan negara serta menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Baca Juga : Pria di Takalar Ditemukan Tewas Usai Mengamuk di Hajatan

"Maka dari itu, aktualisasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat ampuh dalam memerangi paham radikalisme," tambahnya.

Dikatakan, personel Polri berserta seluruh komponen bangsa sepatutnya berperan aktif dalam penguatan pengamalan Pancasila sehingga dengan sendirinya dapat mencegah penyebaran paham radikalisme.

Hal ini karena oknum-oknum yang terpapar paham radikalisme selalu menganggap kelompoknya yang benar dan menyalahkan kelompok lain serta menentang pemerintahan.

Baca Juga : Tersinggung Saat Karoke di Acara Pesta, Satu Korban Meninggal Dunia

"Radikalisme itu seolah-olah dirinya paling benar, dan yang lain salah. Di negara yang majemuk ini sangat tidak sesuai dan sangat bertentangan dengan ideologi bangsa," jelas AKBP Beny Murjayanto.

Penulis : Syukur
#polres takalar #Radikalisme