Jumat, 02 April 2021 14:06

Akibat Angin Kencang, Total 248.641 Rumah Kena Dampak Pemadaman Listrik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

1.323 gardu distribusi terdampak dari hujan deras dan angin kencang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hujan deras disertai yang melanda Kota Makassar dan sekitarnya pada, Jumat (2/4/2021) dini hari menyebabkan gangguan listrik. Setidaknya 248.641 rumah kena dari pemadaman listrik.

Hal itu lantaran 1.323 gardu distribusi terdampak dari hujan deras dan angin kencang. Akibatnya di bagian Makassar Selatan, Makassar Utara, Pinrang, Bulukumba, Bau-Bau, Watampone, dan Mamuju mengalami pemadaman listrik.

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid, memastikan petugas PLN akan selalu siaga untuk memulihkan pasokan listrik.

Baca Juga : Pastikan Kesiapan Petugas, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1445 H

“Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, petugas kami terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terganggu akibat pohon tumbang, untuk wilayah yang tergenang banjir, PLN harus memastikan banjir telah surut dan aman sebelum menyalakan aliran listrik kembali," ucap Awaluddin, Jumat (2/4/2021).

Untuk mengurangi potensi terjadinya gangguan jaringan listrik di wilayah lain, khususnya di beberapa wilayah Sulawesi Selatan, PLN mengimbau partisipasi dari masyarakat untuk ikut melaporkan potensi gangguan.

"Apabila masyarakat menemukan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan," ujarnya.

Baca Juga : Peduli Stunting, YBM PLN UID Sulselrabar Salurkan Bantuan di Tiga Provinsi

Awaluddin menambahkan, apabila masyarakat ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan ataupun jika mengetahui informasi lain terkait ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123.

Selain itu, Awaluddin sapaan karibnya menghimbau masyarakat untuk memperhatikan potensi bahaya listrik yang dapat memicu kebakaran akibat koslet.

"Matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut colokan listrik, dan pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar-benar kering sebelum dipakai kembali," bebernya.

Baca Juga : YBM PLN UID Sulselrabar Gelar Training Motivasi Anak dan Remaja,

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Makassar telah mengumumkan akan terjadinya cuaca ekstrem pada tanggal 1 hingga 4 April 2021.

Penulis : Gilang Ramadhan
#pln sulselrabar #listrik padam