Jumat, 02 April 2021 23:02

Dikerjakan Mulai 2021, Begini Mewahnya Desain Istana Negara yang Baru di Kalimantan Timur

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pradesain istana negara yang baru di Kalimantan Timur.
Pradesain istana negara yang baru di Kalimantan Timur.

Istana Negara yang baru di Kalimantan Timur dikelilingi sungai dan pepohonan hijau.

RAKYATKU.COM - Istana Negara di Kalimantan Timur bakal jadi salah satu kebanggaan Indonesia. Setidaknya itu tercermin dalam pradesain yang diumumkan Presiden Joko Widodo.

Pradesain Istana Negara yang baru ditayangkan di akun YouTube @Presiden Joko Widodo. Modelnya sangat berbeda dengan istana sebelumnya.

"Salah satu usulan pradesain bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru adalah Istana Negara karya Nyoman Nuarta," kata Jokowi, Jumat (2/4/2021).

Baca Juga : Pakai Bahasa Inggris, Ini Pernyataan Lengkap Jokowi terkait Serangan Israel ke Palestina

Dalam pradesain itu terlihat istana dikelilingi pepohonan hijau yang membuat lingkungan ibu kota baru terasa segar. Juga terdapat sungai tempat terbuka hijau yang luas.

"Saya mengharapkan masukan dari Anda semua tentang pradesain. Saya mengharapkan Istana Negara ini jadi kebanggaan bangsa, sekaligus mencerminkan kemajuan bangsa," kata Jokowi di akun Twitternya.

 

Bangunan-bangunan yang mengelilingi Istana Negara di Ibu Kota baru juga terlihat modern dengan adanya trasportasi yang terintegrasi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Salat Idulfitri di Istana Bogor, Anggota Paspampres Jadi Imam Sekaligus Khatib

Presiden Jokowi berharap Istana Negara ini jadi kebanggaan bangsa, sekaligus dapat mencerminkan kemajuan bangsa.

Namun, pradesain itu belum final. Jokowi berencana mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

Baca Juga : Presiden Jokowi Salat Idulfitri di Istana Bogor, Kasetpres Belum Tahu Khatibnya

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, groundbreaking diharapkan dilakukan tahun ini.

Menurutnya, masterplan ibu kota negara baru sudah selesai. Artinya, rencana titik-titik pembangunan sudah dirampungkan. Perencanaan pembiayaan pun telah disusun. Delineasi lahan, pembangunan jalan-jalan utama dan infrastruktur untuk memasuki ibu kota negara yang baru kini tengah dikerjakan.

Saat ini, pemerintah masih menunggu penyusunan undang-undang tentang ibu kota negara baru yang masih berproses di DPR serta menanti pembentukan badan otoritas pembangunan ibu kota baru.

#Presiden Jokowi #istana negara kalimantan timur