Rabu, 31 Maret 2021 13:03

Ketahui 3 Hal Penting Ini Sebelum Menjadi Kolektor Action Figure

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Umumnya orang orang gemar menjadi kolektor action figure karena mereka sudah menjadi menyukai suatu film, komik, atau acara televisi untuk waktu yang lama.

RAKYATKU.COM - Memiliki hobi mengoleksi action figure menjadi salah satu pilihan yang tepat dan juga bermanfaat, loh! Alasannya karena akan membawa kamu kembali ke masa kecil yang menyenangkan, serta merupakan investasi menjanjikan yang bernilai tinggi dari waktu ke waktu. Sangat menggiurkan, bukan?

Namun, meskipun terlihat menjanjikan tentunya harus tahu dulu nih alasan-alasan kuat mengapa kamu ingin mengumpulkan action figure tersebut dan bagaimana memulainya.

Mengapa Kamu Ingin Mengoleksi Action Figure?
Pertanyaan ini harus memiliki alasan yang tepat, karena akan menjadi hal mendasar yang membuat tujuan kamu semakin jelas. Nah, umumnya orang orang gemar menjadi kolektor action figure karena mereka sudah menjadi menyukai suatu film, komik, atau acara televisi untuk waktu yang lama. Sehingga tidak mengherankan jika pada akhirnya mereka ingin memiliki karakter favorit tersebut dalam wujud nyata.

Namun, yang terjadi pada orang-orang yang sudah merasa jatuh cinta pada suatu karakter, cenderung akan membeli dalam jumlah yang banyak dan bervariasi. Bahkan mereka tidak peduli banyaknya uang harus dibelanjakan untuk mendapatkan benda-benda langka tersebut.

Hal inilah yang harus dihindari untuk kamu yang baru saja ingin memulai hobi mengoleksi action figure. Cukup batasi satu atau dua tema sebagai permulaan dan hindari membeli karena hanya keinginan semata ya!

 

Alasan lainnya yang juga sering ditemui adalah sebagai investasi jangka panjang, memang di masa tertentu ada beberapa benda yang bersifat langka dan memiliki nilai tinggi, tetapi tidak berlaku untuk semua jenis barang. Ya, bisa dikatakan pemikiran soal investasi tidak selalu benar, sehingga pastikan untuk bijak saat memutuskan menjadi kolektor.

Bagaimana Cara Memulainya?
Setelah mengetahui alasan mengapa kamu ingin mengumpulkan action figure, langkah berikutnya adalah mencari tahu bagaimana memulainya.

Melakukan riset adalah langkah awal yang cerdas, ikuti beberapa situs berita dan forum penggemar untuk mengetahui informasi lebih lengkap secara mendetail. Dengan membaca kamu juga akan dibekali pilihan toko-toko terbaik yang menjual produk original serta berkualitas.

Selanjutnya pertimbangkan untuk membeli produk baru atau second. Nah, untuk memutuskan ini bukan hal mudah, apalagi banyak orang yang memiliki pemikiran negative soal barang second. Jadi perlu diketahui jika kualitas barang tidak selalu ditentukan dengan masa pemakaian, terlebih lagi jika barang tersebut bersifat koleksi yang biasanya terawat dan tersimpan rapi.

Untuk memastikan mendapat yang terbaik, kamu bisa mencoba menggunakan forum fanpage dan melihat kondisi produk secara langsung sebelum melakukan transaksi, terutama jika itu dalam nominal yang besar.

Cara Menyimpan Action figure yang benar
Amat disayangkan bukan jika benda favorit rusak atau tidak memiliki kondisi yang baik? Nah, untuk mengatasinya kamu bisa meletakan pada rak yang dapat menampilkan koleksi dengan baik, dan sekaligus membuatnya terlihat cantik. Dengan menggunakan tempat penyimpanan kamu juga dapat mencegah barang tersebar atau menghilang.

Selain itu untuk melindungi koleksi yang ada kamu tetap bisa menggunakan kemasan saat memajangnya. Memang ada yang berpendapat jika hal ini akan menurunkan nilai action figure tersebut, namun untuk sebagian kolektor lainnya ada yang lebih menyukai untuk melepaskan koleksi tanpa dus. Sebenarnya menggunakan dus atau tidak tentunya sah-sah saja asalkan tersusun secara rapi pada furniture yang tepat.

Untuk mendapatkan action figure yang tampil sempurna pastikan untuk meletakkannya pada rak besi berkualitas yang dapat dibeli pada Ruparupa, platform online yang memiliki konsep one stop solution dan menyediakan produk berkualitas.



 

 

 

#Action Figure #hobi #Kolektor