Minggu, 28 Maret 2021 14:52

Pelatih Lokal Makassar Ikuti Coaching Clinic Jacksen Tiago

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jacksen F. Tiago.
Jacksen F. Tiago.

Selain mendapatkan materi teori, para pelatih juga melakukan praktik langsung.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Ferreira Tiago, memberikan coaching clinic kepada 40 pelatih lokal Kota Makassar di Lapangan Emmy Sailan, Jalan Hertasning, Ahad (28/3/2021).

Coaching clinic ini terlaksana berkat inisiatif dari merek produsen minuman isotonik, Mizone. Jacksen mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya memajukan persepakbolaan Indonesia. Di luar itu, mengajak masyarakat untuk tetap berolahraga di tengah pandemi COVID-19.

"Kita mau berkontribusi kepada masyarakat Indonesia di masa pandemi ini. Kita mau menjelaskan begitu penting, ya, kita menjaga kesehatan tubuh lewat olahraga dan di antara itu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Terutama dalam aspek bagaimana kita bisa konsumsi isotonik, vitamin B, saat berolarga untuk tetap bisa menjaga energi kita," jelas pelatih berdarah Brasil ini.

Jacksen pun memberikan kredit khusus kepada Mizone sebagai penggagas kegiatan ini. "Di situ peran Mizone karena berkontribusi kepada masyarakat. Salah satunya lewat event ini supaya orang mau berolahraga yang aman dan tenang. Itu yang menjadi tujuan utama," kata eks pelatih tim nasional Indonesia ini.

"Kita harus memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Mizone karena bisa menghadirkan saya di sini, karena selama ini kita cuma datang ke sini sebagai lawan. Hari ini bisa berbagi pengalaman. Punya kesempatan untuk bisa bertatap muka sehingga saya berharap event seperti ini bisa dilanjutkan di daerah lain juga," lanjutnya.

 

Tiago menjelaskan, selain mendapatkan materi teori, para pelatih juga melakukan praktik langsung. "Kita bicara satu sesi latihan dan kita kasih tahu terutama pentingnya water break. Karena, kadang (pemain) memforsir kemampuan terlalu berlebuihan. Water break penting untuk mengembalikan tenaga," kata Jacksen.

Ketua panitia, Bustamin, berharap coaching clinic bisa menambah pengetahuan para pelatih lokal di Kota Daeng. "Berharap dapat meningkatkan wawasan para pelatih lokal kita akan sepak bola modern saat ini. Mizone memberi dukungan dengan mendatangkan Jacksen F. Tiago," tutur Bustamin.

Dilaksanakan di tengah pandemi, coaching clinic ini tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) ketat.

#Jacksen F Tiago #Mizone