Kamis, 25 Maret 2021 14:27

MUI-Pemprov Sulsel: Salat Tarawih dan Buka Puasa Bersama di Masjid Dibolehkan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi tarawih
Ilustrasi tarawih

MUI Sulsel menjelaskan, tarawih dan buka puasa bersama di masjid sudah dibolehkan, sebab kasus Covid-19 di Sulsel yang mulai menurun. Tapi diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ramadan 2020 lalu pemerintah mengimbau tarawih dan ibadah lainnya, dilakukan di rumah. Ini dilakukan mencegah penyebaran Covid-19.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, terkait dibolehkannya ibadah Ramadan tahun ini dilakukan di masjid. Seperti buka puasa bersama, salat tarawih, Iktikaf dan salat Idulfitri.

"Jadi kita sudah koordinasi, rapat bersama dengan Pemprov dengan pimpinan ormas Islam termasuk Majelis Ulama. Kemungkinan ibadah amaliah Ramadan, khususnya tarawih dan kemungkinan sampai Idulfitri, itu bisa dilaksanakan di masjid dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Sekretaris MUI Sulsel, Prof Muhammad Ghalib kepada Rakyatku.com, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga : Berbagi Kasih, Iwapi Sulsel Serahkan Bantuan kepada Pemulung dan Panti Asuhan

Menurut Prof Ghalib, hal tersebut bisa dilaksanakan karena melihat kasus Covid-19 yang mulai menurun. Apalgi sudah gencar dilakukan vaksinasi.

"Prinsipnya bahwa pertama ini sudah ditegakkan vaksin. Yang kedua sudah mulai bisa terkendali Covid-19. Sehingga mudah-mudahan ini bisa dipertahankan sampai masuk Ramadan," ucapnya.

 

Sehingga, Prof Ghalib mengimbau kepada masyarakat dan pengurus masjid, agar bisa menerapkan protokol kesehatan di masjid.

Baca Juga : Tebar Kebahagiaan Ramadan, Muslimah Wahdah Makassar Berikan Paket Kado untuk Anak Yatim

"Tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan tentu saja pengurus masjid secara berkala melakukan penyemprotan disinfektan. Kemudian menyiapkan masker, jadi seluruh masjid itu diharapkan menyediakan masker, sekiranya ada jemaah tidak bawa masker, bisa diberikan oleh pengurus masjid," imbuhnya.

Penulis : Usman Pala
#Ramadan 2021