Selasa, 23 Maret 2021 16:21

Secara Virtual, Bupati Bantaeng Hadiri Kegiatan Verifikasi Lapangan APE

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin (tengah).
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin (tengah).

Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Bantaeng pada 2019 berada pada urutan ketiga tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pengarusutamaan Gender (PUG) menjadi bagian tidak terpisahkan dari visi misi dan arah pemerintah pusat dengan pemerintah di daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, pada kegiatan verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Wakil Bupati Bantaeng, Selasa (23/3/2021) siang.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini, Bupati dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantaeng senantiasa berupaya dan berkomitmen untuk mendorong percepatan pengarusutamaan gender.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

“Komitmen kami akan peningkatan derajat hidup kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak Kabupaten Bantaeng. Setiap tahun kami mencoba melahirkan aktivitas dan inovasi yang semoga bermanfaat, yang berpihak pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kami juga mengharapkan arahan dan bimbingan dari pemerintah pusat agar upaya dan kerja keras di Bantaeng mendapatkan dukungan dan apresiasi," kata Bupati.

Bupati menambahkan bahwa Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Bantaeng pada 2019 berada pada urutan ketiga tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan berada di atas rata-rata tingkat nasional.

Sementara itu, Deputi Bidang Kesetaraan Gender kpppa">KPPPA, Agustina, mengatakan bahwa dari berbagai data, bagi dari aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi, laki-laki masih jauh diatas perempuan.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

"IPG masih menjadi indikator keberhasilan capaian kualitas pembangunan hidup manusia. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan," ujarnya.

Verifikasi lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan data lebih dalam, serta informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Dengan begitu, verifikator mendapatkan data yang lengkap dan komperhensif sebagai dasar pertimbangan dalam nominasi calon penerima penghargaan APE.

Turut hadir pada kesempatan ini antara lain Kepala Bappeda Bantaeng, Muh. Dimiati Nongpa, Anggota DPRD Bantaeng, Herlina Aris, para Asisten, serta para kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Penulis : Irmawati Azis
#pemkab bantaeng #Pengarusutamaan Gender #kpppa