Minggu, 21 Maret 2021 12:14

Gowa Jadi Tuan Rumah Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah 290 ASN di Sulawesi

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gowa Jadi Tuan Rumah Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah 290 ASN di Sulawesi

Ujian kenaikan pangkat ini berlangsung di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Gowa.

GOWA -- Sebanyak 290 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya mengikuti Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah. Ujian kenaikan pangkat ini berlangsung di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Gowa, Minggu (21/3).

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Natsir Arif mengatakan ujian ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar. Peserta yang mengikuti ujian kenaikan pangkat ini berasal dari beberapa ASN dengan penempatan kerja di wilayah Sulawesi.

"Peserta sebagai besar dari ASN di Kabupaten Gowa. Kalau daerah lain ada dari Pangkep Barru, Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Toraja, Luwu, Palopo, Mamuju Sulbar, Takalar, Sinjai, dan Bone. beberapa daerah lainnya bahkan ada dari Mamuju (Sulbar) dan Toli-toli (Sulteng)," katanya.

Baca Juga : Kompleks Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Direvitalisasi, Bupati Gowa Apresiasi Polda Sulsel

Muh Natsir Arif menjelaskan pelaksanaan ujian ini berbasis komputer atau sistem Computer Assisted Test (CAT). Peserta akan menjawab berbagai soal, seperti tes kemampuan umum, kewarganegaraan, Pancasila bahasa Inggris dan beberapa ujian wawancara yang dijawab secara tertulis.

"Kita laksanakan sistem CAT sebagai wujud pengaplikasian dari sistem IT yang kita lakukan dan memberikan gambaran bahwa peningkatan SDM ASN kita semakin meningkatkan," jelasnya.

Selain itu kata Muh Natsir Arif, ujian ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Sebelum masuk ruangan, seluruh peserta disemprot disinfektan, cuci tangan, memakai hand sanitizer dan memakai masker yang sudah disiapkan oleh penyelenggaraan.

Baca Juga : Hadiri Sertijab Pangdivif 3 Kostrad, Bupati Gowa Harap Kerja Sama Terus Terjalin

"Yang paling penting adalah penerapan protokol kesehatan. Jadi ujiannya kita bagi empat sesi dengan jumlah peserta sekitar 70 orang, 50 persen dari kapasitas ruangan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa, Muh Basir mengatakan Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijasah ini untuk kenaikan pangkatnya karena pindah golongan dari golongan II ke golongan III (Ujian Dinas Tingkat I) dan dari golongan Ill ke golongan IV (Ujian Dinas Tingkat II).

"Saya berharap peserta bisa melalui ujian ini dengan baik dan lulus semua, sehingga bisa mempergunakan ijazahnya untuk penjenjangan sebagai ASN," harapnya.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

Salah seorang peserta dari Kecamatan Tabulaha, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, Fatriana mengaku ujian ini tentu sangat membantu untuk karirnya sebagai ASN dan berharap dirinya dan semua peserta bisa lulus dalam ujian ini.

"Tentu ini sangat membantu karena kan kita sebagai ASN yang mau naik golongan dan untuk penyesuaian ijazah yang mau ke tingkat yang tinggi membantu sekali. Karena kami ingin naik ke jenjang berikutnya makanya kami ikut disini," ungkapnya.

#Pemkab Gowa