Rabu, 17 Maret 2021 21:45

Mentan SYL Bicara Pangan di Rangkaian Dies Natalis FH Unhas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mentan SYL Bicara Pangan di Rangkaian Dies Natalis FH Unhas

"Kau baru bisa jadi pemimpin yang baik kalau rakyatmu tidak ada yang kelaparan. Itulah perintah Tuhan."

RAKYATKU.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menghadiri puncak peringatan dies natalis Fakultas Hukum Universitas Hassanudin (Unhas) Makasar, Rabu (17/3/2021).

Di sana, Mentan berbicara pentingnya pengembangan pengetahuan ilmu hukum untuk menata kehidupan yang lebih baik.

Menurut Mentan, hukum sebagai panglima tertinggi harus dihadirkan secara terukur serta memiliki nilai yang berkeadilan. Terutama dalam mengakselerasi kegiatan ekonomi.

Baca Juga : Mentan SYL Terima Estafet Kepemimpinan Kelompok Kerja Pertanian G20

"Kalau bicara hukum berarti kita juga bicara ekonomi, juga pangan. Sebab sebuah negara itu bisa baik karena ditentukan oleh tiga hal. Di antaranya hadir pemerintahan yang adil, hadir akselerasi ekonomi, dan hadir negara berkeadilan. Dari ketiganya, yang tidak boleh diabaikan itu adalah perut rakyat," katanya.

Menurut Mentan, pangan dan hukum adalah dua unsur yang harus berjalan beriringan, dengan mengedepankan aspek kehidupan berkeadilan. Kedua unsur tersebut juga menjadi perintah penting yang sudah tertuang dalam kitab suci.

 

Baca Juga : Andi Sudirman Sulaiman Ingin Unhas Lebih Maju di Tangan Prof Jamaluddin Jompa

"Kau baru bisa jadi pemimpin yang baik kalau rakyatmu tidak ada yang kelaparan. Itulah perintah Tuhan. Oleh karena itu kita berharap Unhas menjadi salah satu pilar hukum nasional yang membawa bangsa ini pada kemakmuran," katanya.

Sponsored by MGID

Pelaksana tugas (plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa Fakultas Hukum Universitas Hasanudin merupakan kampus penting yang ada di Indonesia. Kampus ini merupakan tempat pendidikan lintas generasi yang telah menghasilakan alumni-alumni terbaik dari Sabang sampai Merauke.

"Alumni Unhas di Fakultas Hukum ini bisa jadi apa saja. Bisa Jadi gubernur, wali kota, anggota DPR, bahkan Menteri Pertanian. Dan alhamdulilah mereka semua berkomitmen memajukan bangsa dan Provinsi Sulawesi Selatan. Nah sekarang ada menteri dari Sulsel dan itu harus kita support," katanya.

Baca Juga : Mentan RI Terima Kunjungan Mentan Australia Bahas Kerjasama

Rektor Universitas Hassanudin, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan terima kasih atas dukungan Menteri Pertanian dan jajaran Pemprov Sulawesi Selatan atas kemajuan Fakultas Hukum Unhas, sehingga mampu berbicara banyak di ranah nasional dan internasional.

"Fakultas Hukum Unhas makin menarik karena banyak alumni yang menjadi orang penting di republik ini. Ke depan, saya berharap FH Unhas lebih kokoh dengan menghadirkan wajah hukum yang lembut dan ramah berkeadilan," tutupnya.

 

#kementan #Syahrul Yasin Limpo #unhas