Rabu, 17 Maret 2021 12:32

Jenazah Pemeluk Hindu Dimakamkan secara Islam gara-gara Salah Terjemahan Dokumen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kesalahan terjemahan terjadi saat dokumen diproses kantor Konsulat India di Kota Jeddah, Arab Saudi.

RAKYATKU.COM - Pengadilan Tinggi New Delhi India menyidangkan kasus tidak lazim pada Selasa (16/3/2021) waktu setempat.

Kasusnya adalah seorang warga negara India, yang beragama Hindu dimakamkan di Arab Saudi dengan tata cara Islam gara-gara salah terjemahan dokumen dan adanya kelalaian.

Pria yang meninggal itu diketahui bernama Sanjeev Kumar, yang bekerja di Arab Saudi.

Baca Juga : Arab Saudi Resmi Larang Swafoto di Masjidilharam dan Masjid Nabawi

Dia meninggal dunia pada 24 Januari 2021 karena serangan jantung saat sedang bekerja. Jenazahnya sempat disimpan di rumah sakit di sana.

Kesalahan terjemahan terjadi saat dokumen diproses kantor Konsulat India di Kota Jeddah, Arab Saudi.

 

Istri Kumar, Anju Sharma, pun melayangkan gugatan ke pengadilan atas kekeliruan ini. Dia tetap meminta jenazah suaminya dipulangkan ke India agar bisa dimakamkan dengan tata cara Hindu.

Baca Juga : Pemberi Mengaku Hanya Menunggu Kematian, Penarik Becak Ini Diberi Warisan Rp2 Miliar

Hakim Prathiba M Singh mengatakan, istri korban telah mengajukan permohonan kepada sejumlah otoritas sejak Januari 2021, tidak lama setelah suaminya dilaporkan meninggal.

Sponsored by MGID

Dia meminta agar jenazah suaminya di bawa pulang ke India agar bisa dilakukan ritual pemakaman sesuai agama Hindu.

"Menurut Kementerian Dalam Negeri India (MEA), petugas berwenang dari MEA harus dihadirkan ke persidangan pada 18 Maret 2021 mendatang untuk menjelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh dan bagaimana moda transportasi untuk membawa jenazah tersebut," kata Hakim Singh.

Baca Juga : Jeda Haji 2 Tahun Dimanfaatkan Arab Saudi Bangun Megaproyek, Begini Kondisi Makkah Sekarang

Istri Kumar dalam permohonannya mengatakan dia mendapatkan kabar bahwa suaminya sudah meninggal dan keluarga besar meminta agar otoritas merepatriasi jenazah Kumar.

Namun, secara mengejutkan, pada 18 Februari 2021, Sharma mendapat kabar kalau jenazah suaminya sudah dikebumikan di Arab Saudi, padahal anggota keluarganya sedang menunggu jenazahnya di India.

"Kantor Konsulat India menjelaskan hal ini terjadi karena ada kesalahan yang dilakukan oleh petugas penterjemah di kantor konsulat India di Jeddah yang salah menulis agama Kumar dalam sertifikat kematian sebagai seorang Muslim (yang benar Hindu),” demikian bunyi petisi yang diajukan keluarga mendiang Kumar.

Baca Juga : Masjidilharam Beroperasi dengan Kapasitas Penuh, Stiker Jaga Jarak Dicabut

Untuk memperkuat hal itu, mereka pun melampirkan surat permohonan maaf dari petugas yang salah menerjemahkan tersebut. Hal lain yang juga diprotes oleh pihak keluarga adalah tidak ada satu pun anggota keluarga yang memberikan izin agar jenazah Kumar dimakamkan di Arab Saudi.

Sumber: ndtv.com

Sponsored by advertnative
 
#India #islam #Hindu #arab saudi