Selasa, 16 Maret 2021 18:03

Jadi Bahan Parfum, Wanita Ini Temukan Muntahan Paus Mengambang di Pantai Senilai Rp3,7 Miliar

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jadi Bahan Parfum, Wanita Ini Temukan Muntahan Paus Mengambang di Pantai Senilai Rp3,7 Miliar

Muntahan paus adalah bahan pembuat parfum. Zat lembut seperti lilin itu yang disekresikan dari usus ikan paus sperma.

RAKYATKU.COM - Wanita bernama Siriporn Niamrin ini tak menyangka menemukan segumpal muntahan paus yang berharga senilai 185.000 poundsterling, atau setara dengan dari Rp 3,7 miliar.

Muntahan paus adalah bahan pembuat parfum. Zat lembut seperti lilin itu yang disekresikan dari usus ikan paus sperma. Muntahan paus sering ditemukan mengambang di laut tropis dan kini menjadi buruan nelayan karena memiliki harga yang fantastis.

Gumpalan itu mempunyai panjang 24 inchi dan lebar 12 inchi, benda berbentuk oval itu mempunyai bobot sekitar 6,8 kilogram. Untuk memastikan temuan itu ambergris, Niamrin dan tetangganya kemudian mencoba membakarnya. Hasilnya, benda itu mencair di salah satu bagian yang dibakar, dan kemudian mengeras setelah suhunya menurun.

Baca Juga : Kecerdasan Buatan Bantu Ciptakan Parfum Unik Sesuai Suasana Hati Pemakai

"Saya merasa beruntung telah menemukan bagian yang begitu besar dan telah meminta dewan lokal berkunjung untuk mengonfirmasi," ungkap Niamrin dilansir dari keepo.me.

"Jika saya benar-benar menemukan ambergris yang asli, maka saya bisa membantu masyarakat saya setelah menemukan pembelinya," lanjut Niamrin.

Ambergris disebut juga sebagai 'harta karun laut' dan 'emas mengambang' karena nilainya yang sangat mahal. Nilainya terletak pada perannya dalam industri wewangian, karena parfum kelas atas seperti Chanel dan Lanvin pun menggunakannya.

Baca Juga : Inilah Parfum Aroma Bayi Baru Lahir, Harganya Rp342 Ribu

Ambergris diproduksi oleh paus sperma ketika saluran empedu menghasilkan lendir untuk memudahkan lewatnya benda besar atau tajam. Ketika dimuntahkan oleh paus sperma, lendir tersebut akan mengeras dan mengapung di permukaan laut.

Potongan padat itu awalnya berbau busuk saat basah. Namun begitu mengering, muntahan paus akan mengeluarkan aroma wangi. Karena itulah, ambergris merupakan bahan yang paling dicari dalam industri parfum.

#parfum #muntahan paus