Selasa, 16 Maret 2021 12:15

Habib Rizieq Shihab Minta Hadir Langsung di PN Jaktim, Hakim Hanya Minta Teknisi Perbaiki Audio

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Habib Rizieq Shihab Minta Hadir Langsung di PN Jaktim, Hakim Hanya Minta Teknisi Perbaiki Audio

Habib Rizieq mengaku dalam keadaan sehat walafiat sehingga siap hadir langsung dalam persidangan kapan saja.

RAKYATKU.COM - Sidang perdana dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab terganggu, Selasa (16/3/2021). Digelar secara virtual, suara mantan imam besar FPI itu tidak terdengar baik di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Kami tidak mendengar apa yang dikatakan oleh klien kami. Tidak terdengar sama sekali," protes salah satu kuasa hukum Habib Rizieq yang mengikuti sidang dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Kuasa hukum memprotes hakim dengan mengacu pada KUHAP bahwa sidang harus digelar di ruang sidang. Sementara Bareskrim Polri, tempat Habib Rizieq, bukan ruang sidang.

Baca Juga : Username Diretas, Alasan Pemuda yang Sebar Hoax "Jaksa Terima Suap Kasus Habib Rizieq"

Habib Rizieq sendiri sepakat dengan kuasa hukumnya agar dia hadir langsung ke PN Jakarta Timur.

"Online ini sangat merugikan karena terlalu bergantung kepada sinyal, yang sinyal sering terputus itu membuat gambar dan suara juga terputus," ujar Rizieq.

Dia mengaku dalam keadaan sehat walafiat sehingga siap hadir langsung dalam persidangan kapan saja.

Baca Juga : Habib Rizieq Ditahan, Kuasa Hukum akan Ajukan Praperadilan

Namun, hakim tidak langsung mengabulkan permohonan itu. Ketua majelis hakim, Suparman Nyompa hanya menskors sidang untuk memberi kesempatan kepada teknisi untuk membenahi perangkat audio.

Rizieq terjerat kasus kerumunan di Petamburan, kasus kerumunan di Megamendung, serta kasus kontroversi tes usap (swab test) di RS Ummi, Bogor.

Berkas perkaranya pun dipisah untuk masing-masing kasus tersebut yakni, nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim; nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim; dan nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim.

Baca Juga : Habib Rizieq Kembali Dipanggil Senin, Polisi Ancam Tindak Tegas Simpatisannya

Ketiga berkas perkara tersebut akan disidangkan pada hari ini dengan agenda pembacaan dakwaan.

Walau Habib Rizieq Shihab tidak hadir langsung ke pengadilan, sejumlah simpatisannya tetap datang ke PN Jakarta Timur. Simpatisan datang dari berbagai daerah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Simpatisan Rizieq Shihab asal Cawang, Titin, mengatakan bahwa ia datang untuk mendukung dan mendoakan Rizieq Shihab yang mengikuti sidang perdana kasus dugaan penghasutan dan kerumunan.

Baca Juga : Tak Bisa Ketemu Habib Rizieq, Aparat Gabungan Hanya Titip Pesan Uji Swab ke Orang Dekatnya

 

#habib rizieq