Selasa, 16 Maret 2021 09:09

Setelah Melewati Evakuasi yang Sulit, Pendaki Gunung Lompobattang Akhirnya Sampai ke Posko Utama

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Setelah Melewati Evakuasi yang Sulit, Pendaki Gunung Lompobattang Akhirnya Sampai ke Posko Utama

Satu dari enam pendaki Gunung Lompobattang mengalami patah tulang setelah jatuh ke jurang.

RAKYATKU.COM - Tim SAR gabungan berhasil melakukan evakuasi terhadap enam pendaki">pendaki Gunung Lompobattang. Keenam pendaki akhirnya sampai di posko utama setelah dilakukan evakuasi selama kurang lebih lima hari.

"Korban atas nama Allung yang mengalami luka telah tiba pada pukul 05.40 di posko utama. Segera kami serahkan ke petugas kesehatan untuk penanganan lebih lanjut," kata Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, Selasa pagi (16/3/2021).

Djunaidi mengatakan evakuasi selama berhari-hari tersebut dilakukan dengan kondisi cuaca dan medan yang cukup ekstrem. Dari keenam pendaki, satu orang mengalami patah kaki sehingga harus dievakuasi dengan sangat hati-hati.

"Setelah melakukan perjalanan evakuasi yang cukup ekstrem di Gunung Lompobattang, akhirnya keenam pendaki tiba dengan selamat di posko utama. Kelima pendaki yang menemani korban selama berada di patahan jurang Pasar Anjaya juga tiba dengan selamat di posko utama, alhamdulillah," tambah Djunaidi.

Dengan kerja keras tim SAR gabungan yang telah berpartisipasi dalam operasi tersebut, Djunaidi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Ia juga mengatakan semangat mereka yang tergabung dalam tim SAR sangat luar biasa.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada rescuer dan seluruh potensi SAR yang terlibat dalam operasi SAR di Gunung Lompobattang ini. Semangat mereka luar biasa," sebutnya.

Sebelumnya, enam orang pendaki Gunung Lompobattang dikabarkan mengalami masalah saat melakukan pendakian. Seorang pendaki terjatuh di patahan jurang Pasar Sanjaya.

Pendaki yang dievakuasi:
1. Fahrul
2. Samsir
3. Muhammad Iqbal
4. Faisal Basri
5. Andre Kalangi
6. Aco

 

Penulis : Syukur
#pendaki #Gunung Lompobattang